Harga PS5 Bakal Turun, Tapi Kapan?

Harga PS5 Bakal Turun, Tapi Kapan?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 29 Sep 2020 07:47 WIB
PlayStation 5
Harga PS5 Bakal Turun, Tapi Kapan? Foto: Sony
Jakarta -

Pengumuman harga PlayStation 5 (PS5) pada 17 September lalu disambut meriah. Kabar yang sudah lama dinantikan ini terdengar menggembirakan bagi yang sudah mengincarnya. Dari pengumuman Sony, diketahui bahwa PS5 versi Digital Edition dibanderol USD 399 (sekitar Rp 5,9 jutaan) dan PS5 versi standar harganya USD 499 (sekitar Rp 7,4 jutaan). Keduanya sama-sama akan dirilis pada 12 November 2020.

Harga ini dianggap masih masuk akal oleh para gamer. Buktinya, lihat saja bagaimana antusiasnya mereka menyambut pre order. Tingginya trafik ke website pre order bahkan membuat Sony kewalahan karena websitenya sempat down.

Harga PS5 terbaru ini dianggap masih "terjangkau" bagi para gamer muda, terutama yang berasal dari negara berkembang. Untungnya banderol ini jauh lebih murah dari prediksi. Sebelum diumumkan, harga PS5 semula diprediksi akan sampai di angka Rp 10 juta.

Meski harganya tidak semahal yang diperkirakan, banyak yang berencana mengincarnya jika harganya sudah sedikit turun. Tapi kapan kira-kira harga PS5 bisa lebih murah lagi? Firma riset iPrice pun melakukan analisis untuk mendeteksi kapan kira-kira harga PS5 turun dari harga rilis resminya.

Menggunakan data internal, iPrice memprediksi bahwa pada Mei 2021 atau 6 bulan setelah tanggal rilis, harga PS5 versi standar akan turun menjadi Rp 7 juta hingga Rp 5,6 juta. iPrice juga memprediksi pada November 2021, harganya akan turun lagi menjadi Rp 5,4 juta hingga Rp 6,8 juta.

Perbandingan harga ini didasarkan pada perhitungan harga PS4 Pro dari database iPrice yang dikumpulkan beberapa tahun sebelumnya dari 150 merchant berbeda. iPrice mengambil kesimpulan rataan penurunan harga adalah 1-6% dalam waktu 6 bulan.

Dalam waktu 12 bulan sejak perilisan, penurunannya bahkan bisa sampai 6-8% jika melihat data yang tersedia. Di Singapura, penurunan harga PS5 setelah 12 bulan bisa hingga 8%. Sedangkan di Indonesia diperkirakan hanya menyentuh hingga 6% dari sejak dirilis.

Jika kamu mau menunggu penurunan harga resmi dari situs Sony, berkaca dari data PS4, harga konsol generasi sebelumnya itu bisa turun hingga 15% sejak 2 tahun tanggal rilisnya.

harga PS5

Ini membuktikan bahwa penurunan harga untuk produk elektronik lumrah terjadi. Untuk mendapatkannya, kita hanya cukup bersabar menunggu paling tidak 6 bulan atau kalau bisa ekstra sabar sampai 2 tahun, tergantung seberapa antusias kamu terhadap konsol game ini.

* Artikel ini berdasarkan riset iPrice "Kapan Harga PlayStation 5 Akan Turun?"



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)