Maaf Ya, PS5 Tidak Bisa Mainkan Game PS3 Hingga PS1

Maaf Ya, PS5 Tidak Bisa Mainkan Game PS3 Hingga PS1

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 18 Sep 2020 20:37 WIB
PlayStation 5
Sony Pastikan PS5 Tidak Bisa Mainkan Game PS3 Hingga PS1 (Foto: Sony Interactive Entertainment)
Jakarta -

Setelah mengumumkan harga PlayStation 5, Sony memastikan bahwa konsol generasi baru tersebut akan bisa memainkan 99% game PS4. Tapi sepertinya kompatibilitas PS5 hanya terbatas sampai situ saja.

PS5 nantinya tidak bisa digunakan untuk memainkan game PS3, apalagi PS2 dan PS1. Dalam wawancara dengan Famitsu, CEO PlayStation Jim Ryan mengatakan tim pengembangan PS5 tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat konsol ini kompatibel dengan sistem lawas milik Sony.

"Kami mengingat teknik yang dikhususkan untuk PS5, saat kami memproduksi perangkat tersebut. Di tengah-tengah itu, PS4 sudah memiliki 100 juta pemain; kami pikir mereka juga mau memainkan game PS4 di PS5, jadi kami menyertakan kompatibilitas dengan PS4," kata Ryan, seperti dikutip detikINET dari Gamespot, Jumat (18/9/2020).

"Saat menerapkan itu, kami juga memfokuskan upaya kami dalam penggunaan SSD berkecepatan tinggi dan kontroler DualSense baru secara bersamaan. Jadi, sayangnya, kami tidak bisa mencapai impelementasi kompatibilitas seperti itu," sambungnya.

Ada satu alasan mengapa PS5 mendukung game PS4. Menurut Lead System Architect PlayStation Mark Cerny, kedua konsol tersebut dibangun dengan struktur yang serupa, sehingga game PS4 bisa dimainkan di PS5.

Untungnya, Sony sudah mengumumkan bahwa PS5 akan mendukung layanan PS Now. Fitur ini memungkinkan gamer untuk memainkan game PS3 dan PS2 dengan metode streaming.

Perusahaan asal Jepang itu juga mengumumkan PlayStation Plus Collection yang akan meluncur bersama peluncuran PS5. Koleksi ini akan berisi banyak game PS4 klasik termasuk God of War, The Last of Us Remastered, Bloodborne dan masih banyak lagi.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)