Storage Tambahan Buat Xbox Series X Harganya Rp 3 Jutaan

Storage Tambahan Buat Xbox Series X Harganya Rp 3 Jutaan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 21:42 WIB
xbox series s dan xbox series x
Foto: Twitter/@_h0x0d_
Jakarta -

Storage tambahan untuk Xbox Series S dan X sempat muncul di situs Best Buy, dan harganya mencapai USD 220 atau sekitar Rp 3,2 juta.

Seagate adalah pembuat storage khusus Xbos anyar tersebut, dan kapasitasnya adalah 1TB. Kartu yang dipasang pada slot di bagian belakang konsol itu punya kecepatan yang sama dengan storage internal Xbox.

Dilihat dari segi ukuran, storage ini hanya sedikit lebih besar ketimbang SD card, namun sayangnya slot ini tak universal, atau kompatibel dengan storage apa pun yang ada saat ini, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (25/9/2020).

Sejauh ini baru Seagate yang membuat storage tambahan tersebut, meski Microsoft menjanjikan akan lebih banyak vendor yang membuatnya dengan berbagai kapasitas lain.

Meski terlihat mahal (Rp 3 jutaan untuk 1 TB), namun jika dibandingkan dengan harga SSD NVMe dengan PCIe untuk PC saat ini, harganya relatif sama. Namun perlu diingat, saat ini belum ada SSD NVMe dengan PCIe 4.0 beredar di pasaran, padahal inilah standar yang dipakai oleh Xbox dan PS5.

Namun harga storage ini membuat Xbox Series S tak lagi menarik dari segi harga, mengingat besarnya kapasitas yang dibutuhkan untuk game masa kini.

Pasalnya Series S yang harganya USD 299 hanya mempunyai storage 512GB, sementara Xbox Series X storagenya adalah 1TB, dengan harga 399. Jika harus membeli tambahan storage, maka Series harganya mencapai USD 512.

Di sektor ini, harus diakui Sony lebih unggul karena mereka bakal membebaskan pengguna PS5 untuk memakai SSD NVMe PCIe yang lebih universal. Namun SSD tersebut memang harus menyesuaikan dengan kecepatan dan dimensi yang disyaratkan oleh Sony.

Lalu, penggunaan SSD NVMe PCIe yang universal ini pun akan lebih menguntungkan dari segi harga, karena lama-kelamaan harganya akan terus turun saat kompetisi antar vendor makin ketat dan biaya produksi yang menurun.



Simak Video "KFC Unggah Teaser Konsol Gaming, Mau Saingi PS5 dan Xbox?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)