Facebook Gaming Telah Meluncur di iOS, Tapi..

Facebook Gaming Telah Meluncur di iOS, Tapi..

Josina - detikInet
Minggu, 09 Agu 2020 15:33 WIB
Facebook Gaming
Facebook Gaming Telah Meluncur di iOS, Tapi.. (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Jakarta -

Pada awal tahun 2020 Facebook mengumumkan aplikasi baru berupa Facebook Gaming. Aplikasi ini pada dasarnya adalah versi seluler dari Facebook Gaming di website. Dengan Facebook Gaming menjadi tempat bagi gamer melakukan siaran langsung game dan juga memberikan akses ke game berbasis Facebook tertentu di ponsel mereka.

Aplikasi akhirnya telah dirilis untuk perangkat iOS setelah berbulan-bulan sudah tersedia di Android. Tapi sayangnya aplikasi tersebut tampaknya sangat 'lumpuh' sebab tidak ada game apapun di dalamnya.

Ini berarti bahwa satu-satunya yang dapat dilakukan aplikasi Facebook Gaming adalah memberikan pemain hanya menonton siaran langsung game saja tanpa ada permainan yang bisa dimainkan.

"Sayangnya, kami harus menghapus fungsi permainan sepenuhnya untuk mendapatkan persetujuan Apple atas aplikasi Facebook Gaming secara mandiri, yang berarti pengguna iOS memiliki pengalaman yang lebih renda daripada mereka yang menggunakan Android." ujar COO Facebook Sheryl Sandberg dalam sebuah pernyataan yang dilansir detikINET dari Ubergizmo.

Tentu hal ini jadi pertanyaan bagi kebanyakan pengguna mengapa fitur game tidak menjadi bagian dari aplikasi iOS, alasannya karena Apple umumnya tidak mengizinkan aplikasi untuk mengemas aplikasi lain.

Perusahaan baru-baru ini menjelaskan bahwa dengan mengizinkan aplikasi untuk mengemas aplikasi lain, secara efektif akan mencegah Apple untuk meninjau aplikasi tersebut dan dengan demikian tidak memungkinkan pengguna untuk memberikan pengalaman yang seragam kepada pengguna iOS.

Hal ini juga mengapa di masa mendatang kemungkinannya tidak ada layanan streaming game seperti Stadia atau Project xCloud di perangkat iOS.



Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)