Duitnya Rp 1.400 Triliun, Zuckerberg Gabung Bill Gates dan Jeff Bezos

Duitnya Rp 1.400 Triliun, Zuckerberg Gabung Bill Gates dan Jeff Bezos

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 07 Agu 2020 20:03 WIB
MOUNTAIN VIEW, CALIFORNIA - NOVEMBER 03: (L-R) Priscilla Chan and Mark Zuckerberg attend the 2020 Breakthrough Prize Red Carpet at NASA Ames Research Center on November 03, 2019 in Mountain View, California. (Photo by Ian Tuttle/Getty Images  for Breakthrough Prize )
Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan (Foto: Ian Tuttle/Getty Images)
Jakarta -

Mark Zuckerberg makin hari makin tajir saja. Berdasarkan perhitungan terbaru yang disusun oleh Bloomberg Billionaires Index, harta kekayaan pendiri Facebook itu tembus USD 100 miliar untuk pertama kalinya, atau di kisaran Rp 1.400 triliun.

Dengan demikian, pria yang drop out dari Harvard itu gabung klub elit orang terkaya dunia bersama Bill Gates dan Jeff Bezos. Ketiganya adalah manusia amat langka dengan estimasi harta tembus USD 100 miliar.

Harta Zuck mayoritas berasal dari kepemilikan saham di Facebook yang sebesar 13%. Performa saham Facebook yang terus naik membuat harta Zuck kian tinggi. Terbaru, harga saham Facebook naik 6%.

Naiknya harga saham itu tak lepas dari peluncuran layanan hiburan baru dari Instagram, yaitu Reel di Amerika Serikat. Reel adalah pesaing TikTok, yang belakangan mendapat masalah di AS karena presiden Donald Trump menganggapnya sebagai ancaman keamanan nasional.

Facebook, bersama raksasa teknologi lain seperti Amazon, Google dan Apple memang termasuk sedikit perusahaan yang justru mampu memetik untung di tengah pandemi Corona. Pembatasan pergerakan ataupun lockdown membuat banyak orang mengakses layanan mereka baik untuk hiburan, membeli barang atau bersosialisasi. Mark Zuckerberg pun beruntung.

Menurut Bloomberg yang dikutip detikINET, harta Zuck pada tahun ini tercatat sudah meroket sebanyak USD 22 miliar. Sedangkan harta Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon, telah melonjak USD 75 miliar.

Dibandingkan Bezos dan juga Bill Gates, harta Mark Zuckerberg memang masih cukup jauh jaraknya walau bukan berarti di masa depan, ia tak dapat menandingi mereka. Data Bloomberg menunjukkan kekayaan Bezos senilai USD 190 miliar, sedangkan Bill Gates sebanyak USD 120 miliar.



Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)