Aneka Turnamen Esports di Indonesia, Hadiahnya Miliaran Rupiah

Aneka Turnamen Esports di Indonesia, Hadiahnya Miliaran Rupiah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 14:39 WIB
Ilustrasi pertandingan e-Sports
Ilustrasi pertandingan Esports. (Foto: Dok ESL)
Jakarta -

Perkembangan industri Esports terus meningkat belakangan ini, terlihat dari semakin banyaknya turnamen lokal yang digelar dengan hadiah mencapai miliaran rupiah.

Salah satu game yang cukup banyak dipertandingkan dalam turnamen adalah PUBG Mobile. Meski turnamennya lebih banyak diadakan secara online karena pandemi corona.

Beberapa turnamen tersebut adalah kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan GGWP yang mengadakan kompetisi PUBG Mobile bernama Baparekraf Game Prime 2020 pada Agustus mendatang dengan hadiah total Rp 1 miliar.

Kemudian ada juga kompetisi dari perusahaan swasta, seperti Gopay Arena Championship, yang kini tengah berlangsung dengan total prize pool sebesar Rp 2,2 miliar, IES Smartfren Indonesia Championship dengan total prize pool sebesar 500 Juta Rupiah, Nusantara Battleground dengan total prize pool Rp 40 juta, Esports Superstars Battle dengan total prize pool sebesar Rp 250 juta, dan ROG Mabro dengan total prize pool sebesar Rp 20 juta.

"Industri Esports ke depannya akan dapat menjadi pilar ekonomi baru yang harus dikembangkan bersama oleh semua pihak. Terima kasih kami ucapkan baik kepada pihak pemerintah maupun pihak swasta yang telah ikut mendukung industri Esports di Indonesia, dengan mengadakan berbagai macam turnamen Esports, khususnya yang menggunakan platform PUBG Mobile," ujar Gaga Li, Head of PUBG Mobile Esports untuk Asia Tenggara.

"Industri ini memiliki karir yang bagus, karena mampu mendatangkan penghasilan yang cukup besar. dan patut didukung oleh seluruh kalangan," tambahnya dalam keterangan yang diterima detiKINET.

Dengan animo yang besar dari para anak muda dan ekosistem yang terbentuk dari berbagai kompetisi dan kegiatan di industri Esports, pihak PUBG Mobile berharap agar pemerintah dapat terus mendukung ekosistem ini sehingga akan lebih banyak atlet-atlet Esports yang dilahirkan untuk masa-masa yang akan datang dan lapangan pekerjaan dari industri kreatif ini juga semakin luas.

Indonesia sendiri saat ini ada di peringkat ke-17 sebagai pengguna game mobile terbanyak di dunia, dan menyumbang pemasukan sebesar USD 624 juta atau sekitar Rp 8,7 triliun sepanjang 2019.

Tak cuma itu, perkembangan Industri Esports telah memberikan banyak manfaat bagi orang banyak. Industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Tak hanya memperoleh penghasilan dari menjadi atlet di industri ini, namun seseorang dapat berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talentanya masing-masing di kompetisi Esports yang banyak digelar di dalam negeri.



Simak Video "Indonesia Akan Punya Training Center Khusus eSports"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)