Epic Games Akhirnya Luncurkan Fortnite di Google Play Store

Epic Games Akhirnya Luncurkan Fortnite di Google Play Store

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 23 Apr 2020 11:44 WIB
Fortnite, Ilustrasi Fortnite
Epic Games Akhirnya Luncurkan Fortnite di Google Play Store (Foto: Dok. Epic Games)
Jakarta -

Epic Games meluncurkan Fortnite untuk Android sejak 2018 lalu. Tapi selama lebih dari 18 bulan game battle royale tersebut tidak tersedia di Google Play Store.

Pemain yang ingin menjajal game tersebut harus mengunduhnya lewat situs Epic Games secara langsung, lewat metode yang dikenal sebagai sideloading. Tapi kini Epic Games akhirnya menyerah dan meluncurkan Fortnite di Play Store.

Tapi Epic Games sendiri sepertinya tidak senang dengan keputusan ini. Dalam keterangan resmi yang dirilis, mereka masih terus mengkritik kebijakan Google yang dianggap membebani developer yang tidak menawarkan aplikasinya langsung lewat Play Store.

"Setelah 18 bulan mengoperasikan Fortnite untuk Android di luar Google Play Store, kami akhirnya menyadari," kata Epic Games dalam keterangan resminya, yang dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (22/4/2020).

"Google menempatkan software yang bisa diunduh di luar Google Play dalam posisi yang tidak diuntungkan, melalui langkah-langkah teknis dan bisnis seperti pop-up keamanan berulanguntuk software yang diunduh dan diperbarui, perjanjian manufaktur dan operator yang terbatas, humas Google yang mengkategorikan sumber software pihak ketiga sebagai malware, dan upaya baru seperti Google Play Protect untuk memblokir software yang diperoleh di luar Google Play store," sambungnya.

Setelah menyediakan Fortnite lewat Play Store, Epic Games kini harus membayar komisi sebesar 30% yang ditetapkan Google untuk semua pembelian in-app.

Sebelumnya CEO Epic Games Tim Sweeney telah mengkritik kebijakan komisi ini yang sama-sama diterapkan oleh Google dan Apple di marketplace aplikasinya masing-masing.

Pandangan Sweeney sepertinya masih belum berubah walau Fortnite kini telah tersedia di Play Store. Epic Games masih berharap Google mau mengubah kebijakan bisnisnya tersebut.

"Kami berharap Google akan mengubah kebijakan dan urusan bisnisnya dalam waktu dekat, sehingga semua pengembang bebas untuk menjangkau dan teribat dalam perdagangan dengan pelanggan di Android dan di Play Store lewat layanan terbuka, termasuk layanan pembayaran, yang bisa bersaing secara seimbang," tulis keterangan resmi tersebut.

Setelah kebijakan baru ini, Epic Games mengatakan pihaknya masih akan mengoperasikan Epic Games App dan Fortnite di luar Google Play Store.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)