Banyak Stigma, Garena Sebut Atlet Gamer Justru Banyak yang Berprestasi

Banyak Stigma, Garena Sebut Atlet Gamer Justru Banyak yang Berprestasi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 13 Mar 2020 09:37 WIB
Ilustrasi eSport, Ilustrasi eSports
Banyak Stigma, Garena Sebut Atlet Gamer Justru Banyak yang Berprestasi. Foto: Florian Olivo/ Unsplash
Jakarta -

"Jangan jadi gamer deh, nanti kurang pintar loh!" sering dengar ucapan seperti ini? Justru menurut Garena sebagai perusahaan gaming, pernyataan ini salah.

"Kebanyakan dari yang menang justru yang pintar dan berprestasi. Nilai rapot juga tidak ada yang boleh merah untuk ikut kompetisi Garena," kata salah satu perwakilan Garena Free Fire Indonesia saat mengadakan diskusi media, Kamis (12/3/2020).

Menurut Garena, dari game ini, otak para atlet digunakan untuk menyusun strategi agar kemenangan didapatkan. Tak jarang Garena mendapati kertas berserakan oleh para atlet mereka dan berisikan soal strategi mereka -- dan terbukti mereka berhasil menang.

Garena Free Fire merupakan multiplayer online battle royale yang dikembangkan oleh Garena secara independen dan dirilis pada Januari 2018. Tak main-main, hingga Januari 2020 jumlah download-nya sudah lebih dari 60 juta kali. Jumlah yang besar bukan.

Akan tetapi untuk antusiasme penonton, ternyata Indonesia masih belum semasif angka tersebut sekalipun pasar besar Garena ke-6 se-Asia dipegang oleh Indonesia.

"Kami melakukan komparasi seperti event kami di Brazil dan di Indonesia tapi entah mengapa antusiasmenya belum sebesar orang Indonesia. Ada apa?" Country Production Garena Free Fire Indonesia Christian Wihananto.

Dari diskusi yang ada, kami sepakat dalam satu hal, yakni kurangnya edukasi yang didapatkan dari para orangtua dan juga player itu sendiri. Karena itu Garena juga selalu berusaha mengedukasi terutama lewat medsos.

"Kami selalu mengingatkan lewat media sosial, kalau misalnya waktunya solat Jumat, kami bikin tuh biasanya pengingat lewat bentuk pantun," sambungnya.

Jadi, orang tua dan gamer sendiri harus memiliki kesadaran bahwa mereka punya peran untuk mewujudkan gaming sehat. Tak perlu berlebihan untuk waktu bermain, secukupnya saja dan patuhi aturan yang sudah ditetapkan bersama.



Simak Video "Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Spesifikasi Redmi Note 9"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)