Selasa, 10 Des 2019 09:30 WIB

Sony Siapkan PlayStation 5 Pro?

Muhammad Imam Birawa - detikInet
Bocoran wujud PlayStation 5. Foto: Istimewa Bocoran wujud PlayStation 5. Foto: Istimewa
Jakarta - Pada akhir 2020, Sony dipastikan akan meluncurkan PlayStation 5. Nah, rumor terbaru menyebutkan Sony mungkin akan meluncurkan pula PS5 versi Pro.

Hal ini pernah Sony lakukan pada PS4 yang kemudian ditambah versi PS4 Pro beberapa tahun setelahnya, dengan spek lebih gahar.

Dikutip dari Game Informer, Masayusu Ito selaku Vice Executive President of Hardware Engineering and Operation Sony Interactive Entertainment mengatakan, siklus konsol biasanya adalah tujuh hingga sepuluh tahun.


Namun, karena 'perkembangan dan evolusi teknologi yang sangat cepat', siklus konsol menurutnya kini hanya enam hingga tujuh tahun. Siklus yang lebih cepat itu membuat perusahaan harus mengubah perangkat dan mencoba memasukkan kemajuan teknologi.

Ito tidak mengungkapkan secara resmi bahwa konsol PS5 Pro akan dirilis. Namun sepertinya, Sony telah mempertimbangkannya. Hal ini terindikasi dari perkataannya tersebut.

Jika Sony memutuskan untuk meluncurkan PS5 Pro, maka mereka bukan satu-satunya perusahaan yang membuat dua perangkat sekaligus untuk memperbarui generasi konsol mereka. Kabarnya, Microsoft sebagai pesaing utama Sony juga merencanakan dua konsol di Xbox Project Scarlett.

Berbicara mengenai spesifikasi, PS5 akan mengoptimalkan CPU AMD Ryzen generasi ketiga dengan delapan core berukuran 7 nm. Untuk mendukung performa grafisnya, PS5 menggunakan GPU Radeon Navi yang memuluskan gambar 3D. Spek PS 5 Pro jelas akan lebih tinggi dari PS5 jika benar akan diluncurkan.


Sejauh ini, Sony tidak mengungkapkan hasil penjualan PS4 Pro. Meski demikian, PS4 adalah salah satu konsol terlaris dalam sejarah yang dibantu dengan kehadiran PS4 Pro. Hal itu mungkin dapat mendorong dan memperkuat gagasan Sony untuk merilis PS5 Pro.

Simak Video "PlayStation 5: Jeroan SSD hingga Kontroler dengan Teknologi Haptic"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)