Minggu, 17 Nov 2019 11:10 WIB

Sonic the Hedgehog, Karakter Game Jadi Bintang Film Hollywood

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sonic the Hedgehog, Karakter Video Game yang Jadi Bintang Film Hollywood Foto: istimewa Sonic the Hedgehog, Karakter Video Game yang Jadi Bintang Film Hollywood Foto: istimewa
Jakarta - Sudah banyak karakter video games yang diadaptasi oleh Hollywood untuk menjadi film layar lebar. Salah satunya Sonic the Hedgehog yang diadaptasi menjadi film live-action dan akan rilis pada Februari 2020 mendatang.

Kehadiran film ini awalnya sempat menjadi olok-olok, saat trailer pertamanya keluar beberapa waktu yang lalu. Hal ini dikarenakan desain baru Sonic yang dibuat menjadi lebih mirip seperti hewan sungguhan, tapi justru diterima dengan negatif karena dianggap aneh oleh para penggemar.



Mendengar kritik tajam tersebut, sutradara Jeff Fowler kemudian merancang ulang desain Sonic dan mengundur jadwal rilisnya. Desain baru ini diperlihatkan di trailer baru yang rilis beberapa hari yang lalu dan penggemar langsung memuji desain baru yang terlihat lebih mirip dengan Sonic versi video game.

Tapi, bagaimana sejarah karakter landak berwarna biru ini? Berikut fakta-fakta menarik tentang Sonic the Hedgehog yang dirangkum detikINET:

1. Asal-usul

Sonic the Hedgehog diciptakan oleh Sega untuk menciptakan serial game flagship untuk menyaingi franchise Mario yang diciptakan oleh Nintendo. Karakter ini juga ditetapkan untuk menjadi maskot Sega menggantikan Alex Kidd.

Pencipta desain karakter Sonic adalah Naoto Ohshima. Saat sedang berada di New York, AS, Ohshima membawa beberapa desain karakter dan meminta opini orang-orang yang berada di Central Park.

Desain yang memenangkan survei tidak resmi ini adalah seekor landak berwarna biru teal yang saat itu dinamakan 'Mr Needlemouse'. Begitu Ohshima kembali ke Jepang, ia mengajukan desain ini departemen terkait dan terpilih menjadi maskot baru.

2. Karakteristik

Desain Sonic dibuat agar mudah digambar oleh anak-anak dan terlihat memiliki kepribadian yang 'cool'. Warna biru Sonic terinspirasi dari logo Sega yang berwarna biru kobalt.

Sepatunya terinspirasi dari sepatu boots yang dikenakan oleh Michael Jackson dan ditambahi warna merah yang terinspirasi dari Santa Claus. Kepribadiannya berdasarkan sikap 'Get it done' yang saat itu menjadi nilai jual kampanye Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.

Berdasarkan deskripsi resmi Sega, Sonic disebut sebagai karakter yang hidupnya mengikuti arah angin dan merasa hidup dengan berpetualang. Ia tidak mudah hidup dalam tekanan dan selalu memperjuangkan kebebasan. Sonic adalah karakter yang cerdas, tapi ia memiliki sumbu yang pendek dan sering tidak sabar.

3. Penampilan Pertama

Penampilan pertama Sonic di video game adalah game arcade Rad Mobile yang rilis pada tahun 1991. Penampilan pertama Sonic sebagai karakter yang bisa dimainkan adalah di game Sonic the Hedgehog yang diluncurkan untuk platform Sega Mega Drive/Genesis pada tahun yang sama.

Saat ini sudah ada puluhan judul game, baik dalam edisi dua atau tiga dimensi, yang menampilkan Sonic dan teman-temannya. Beberapa di antaranya adalah Sonic the Hedgehog 2, Sonic & Knuckles, Sonic Chaos, Sonic Adventure, Sonic Generations dan masih banyak lagi.

Kesuksesan Sonic sebagai serial game flagship sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Selama lebih dari 25 tahun meramaikan dunia video game, Sega sudah menjual 800 juta kopi game Sonic, termasuk game gratis untuk smartphone.



4. Penampilan di Media Lain

Selain video game dan film, Sonic juga pernah muncul di beberapa media lain yaitu serial animasi dan komik. Serial animasi pertama dengan Sonic sebagai karakter utamanya adalah Adventures of Sonic the Hedgehog yang tayang pada tahun 1993.

Pada tahun 1996, dua film animasi berjudul Sonic the Hedgehog rilis di Jepang. Serial animasi lainnya yang dibintangi Sonic dan teman-temannya antara lain Sonic Underground, Sonic X, dan Sonic Boom.

Kemunculan perdana Sonic di komik adalah lewat komik promo yang dicetak di majalah Disney Adventure. Komik ini menceritakan latar belakang Sonic dan Dr Robotnik.

Kisah Sonic juga diceritakan dalam bentuk komik yang diterbitkan oleh Archie Comics, yaitu Sonic the Hedgehog (1993-2017), Sonic X (2005-2008) dan Sonic Universe (2009-2017).

5. Karakter Lainnya

Seiring berkembangnya franchise Sonic the Hedgehog, karakter yang menjadi teman dan musuh Sonic pun semakin banyak. Musuh utama Sonic sendiri adalah Dr Ivo Robotnik yang juga dikenal dengan nama Dr Eggman.

Dr Eggman pertama kali muncul di game Sonic the Hedgehog pada tahun 1991. Dalam game tersebut, ia disebut memiliki IQ 300 dan mencoba mengumpulkan Chaos Emeralds.

Dr. Eggman juga menciptakan versi jahat dari Sonic berbentuk robot yang dinamai Metal Sonic. Karakter ini pertama kali muncul di game Sonic the Hedgehog CD.

Selain itu, ada juga teman dekat Sonic bernama Miles 'Tails' Prower, seekor rubah berwarna orange yang pertama kali muncul di game Sonic 2. Sonic juga memiliki kekasih yaitu seekor landak pink bernama Amy Rose.

Ada juga Shadow the Hedgehog, seekor landak berwarna hitam dan merah yang bisa hidup kekal selamanya. Sonic juga memiliki saingan lainnya yaitu Knuckles The Echidna yang berwarna merah dan memiliki kemampuan bela diri.

Simak Video "Sempat Dihujat, Ini Hasil Revisi Desain 'Sonic the Hedgehog'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)