Kamis, 10 Okt 2019 10:06 WIB

Gamer Profesional Dicekal Gara-gara Bela Demonstran Hong Kong

Fino Yurio Kristo - detikInet
Chung Blitzchung Ng Wai. Foto: Polygon Chung 'Blitzchung' Ng Wai. Foto: Polygon
Hong Kong - Raksasa video game Activision Blizzard mencekal seorang gamer profesional dari turnamen esport. Tak hanya itu, aliran pendapatannya pun diblokir gara-gara pernyataan sang gamer membela demonstrasi yang berlangsung di Hong Kong.

Saat wawancara setelah main game Hearthstone yang dibuat Blizzard Entertainment, Chung 'Blitzchung' Ng Wai mengenakan masker gas dan kacamata goggle, lalu meneriakkan slogan yang identik dengan protes demonstran Hong Kong: 'Liberate Hong Kong, revolution of our time'.

Pemerintah Hong Kong sendiri telah melarang penggunaan topeng semacam itu. Chung lantas menjelaskan bahwa insiden itu hanyalah salah satu bentuk partisipasi protes.


"Saya memahami aksi saya itu. Bisa menyebabkan masalah bagi saya, bahkan juga keamanan saya di kehidupan nyata. Tapi saya pikir adalah tugas saya mengatakan sesuatu tentang isu tersebut," kata Chung yang dikutip detikINET dari CNBC.

Blizzard yang berbasis di Santa Monica, California langsung bertindak. "Efektif segera, Blitzchung dihapus dari Grandmasters dan tidak akan menerima hadiah untuk Grandmasters Season 2. Ia juga tak dapat berpastisipasi dalam esport Hearsthstone selama 12 bulan," kata mereka.

Blizzard menyatakan Chung telah melanggar aturan kompetisi dan bahwa kelakuannya tidak mewakili Blizzard maupun Hearshstone. Video yang menayangkan aksi Chung juga telah dihapus.

"Meskipun kami mendukung hak seseorang untuk mengekspresikan pemikiran individu dan opininya, pemain dan partisipan lain yang berpartisipasi di kompetisi esport kami harus mematuhi aturan kompetisi resmi," tambah mereka.



Simak Video "Gamer Ini Raih Rekor Dunia Main Game dengan Mulut"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)