Rabu, 10 Apr 2019 09:18 WIB

Bocoran Lengkap PlayStation 5 yang (Mungkin) Segera Dirilis

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Fitur Kunci PlayStation 5
Halaman 2 dari 3
Foto: istimewa Foto: istimewa

Belum banyak bocoran fitur PlayStation 5, tapi ada yang menarik soal rumor kemampuan kontrollernya. Tahun silam, Sony Interactive Entertainment America dilaporkan telah mendaftarkan paten tentang sebuah controller yang memiliki layar sentuh.

Konsol DualShock layar sentuh tersebut diduga ditujukan untuk PlayStation 5. Itu berarti, bisa jadi namanya pun adalah DualShock 5, jika melihat PS4 ditemani oleh DualShock 4.

Dugaan itu menemukan bukti dalam penampakan wujud kontroller itu yang muncul belum lama ini. Bagian tengah controller ini terlihat mengusung display layar sentuh, yang jika benar demikian, akan membuka cara bermain baru di calon konsol andalan Sony tersebut.

Bocoran penampakan kontroller buat PS5 itu awalnya dimunculkan Ray Sekiro, editor blog Remote Play yang banyak mengulas PlayStation. Bentuk bocoran DualShock 5 itu turut memperlihatkan aksen lekukan sehingga mengesankan mirip-mirip dengan kontroller yang dipergunakan oleh Microsoft pada Xbox-nya.

Pun demikian, ada pula yang tidak yakin mengenai keabsahan wujud DualShock 5 dalam bocoran tersebut. Blog Pushsquare, misalnya, yang dengan tegas menuding gambar itu cuma rekaan alias hoax. Namun tentu saja, belum ada yang tahu kepastiannya.

Pernah berhembus rumor lain terkait dengan kemungkinan PS5 nantinya bisa memainkan game-game yang diperuntukkan buat PS4, alias punya kemampuan backward compatibility.

Kemudian, PlayStation 5 juga disebut bakal menggunakan CPU AMD yang menggunakan arsitektur Zen, dan dipasangkan dengan GPU Navi. Tak cuma itu, AMD disebut tengah mengembangkan GPU dengan arsitektur Navi tersebut khusus untuk PS5.

(fyk/krs)