Minggu, 24 Mar 2019 07:53 WIB

PUBG Mobile Mulai Batasi Waktu Bermain dan Usia Pemainnya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
PUBG Mobile dikabarkan tertangkap mulai batasi waktu penggunaan dan usia pemainnya. Foto: Komunitas e-Sport Maros bermain PUBG (Bakrie-detik) PUBG Mobile dikabarkan tertangkap mulai batasi waktu penggunaan dan usia pemainnya. Foto: Komunitas e-Sport Maros bermain PUBG (Bakrie-detik)
Jakarta - Playerunknown's Battleground (PUBG) versi mobile belakangan ini jadi perbincangan hangat di masyarakat. Pengembang game ini pun mulai menguji pembatasan PUBG Mobile dimainkan per harinya saat gamers terindikasi mulai kecanduan.

Batas enam jam jadi patokannya. Bila kalian telah memainkan PUBG Mobile selama itu, maka game tersebut akan memunculkan peringatan saat sudah menyentuh waktu bermain maksimal untuk satu hari dan pemain harus berhenti. Sehari berikutnya, baru lah ia bisa dimainkan lagi.


Kebijakan ini mulai muncul di India, di mana PUBG Mobile jadi game yang paling di sorot di sana. Pembatasan enam jam ini pertama kali dilihat oleh SportsKeeda, sebagaimana detikINET lansir dari Android Authority, Minggu (24/3/2019) yang kemudian jadi viral di media sosial.



Bahkan, dalam pengujian update PUBG Mobile, game tersebut meminta verifikasi usia kepada penggunannya, apakah mereka berumur 18 tahun ke atas atau tidak. Sejauh ini, baik pihak PUBG Mobile serta Tencent selaku pemilik game belum memberikan informasi lanjutan terkait pembatasan umur itu.

Belum lama ini, Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan bahwa PUBG hanya boleh dimainkan oleh pribadi berusia di atas 18 tahun. Hal ini lantaran PUBG masuk kategori permainan 18+ Berdasarkan PM Kominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik


PUBG Mobile menghadapi berbagai masalah besar di India, di mana di beberapa kotanya telah ada pelarangan hingga berbuntut pada 16 pelajar ditangkap karena melanggar aturan tersebut. Selain itu, ia juga dituding jadi penyebab kematian di negeri Bollywood itu yang disebabkan candu terhadap game.

Akhir-akhir ini PUBG Mobile juga tengah disorot oleh Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram mengenai game PUBG. Terkait pertimbangan tersebut, MUI pusat pun menyatakan akan membuat kajian terhadap game tersebut. (mon/mon)