Kamis, 21 Mar 2019 16:07 WIB

Pembuat Fornite Bagi-bagi Dana Rp 1,4 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Epic Games, pengembang Fortnite, membuat sebuah program yang akan membagikan USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun ke pengembang, seniman, pelajar, pengajar, dan siapa pun untuk para kreator yang menggunakan Unreal Engine 4 untuk proyeknya.

Inisiatif ini diberi nama MegaGrant Program, yang dibuat berdasarkan program sejenis bernama Unreal Developer Grant Program yang diluncurkan pada 2015 lalu karena kesuksesan game battle royale mereka, yaitu Fornite.




"Ini adalah cara kami untuk membagikan kesuksesan Fortnite yang tak diduga," ujar CEO Epic Games Tim Sweeney di ajang Game Developer Conference (GDC) 2019 di San Francisco, Amerika Serikat.

Dana yang yang dikeluarkan untuk setiap orang atau timnya berkisar antara USD 5 ribu sampai USD 500 ribu, dan dana ini tak terbatas untuk developer game saja. Menurut Epic, dana ini juga bisa dikeluarkan untuk pengembang media, hiburan, atau pun lainnya.




Penerima dana ini nantinya tetap menjadi pemegang properti intelektual produk buatannya, dan dibebaskan untuk mempublikasikannya sesuka mereka. Artinya, meski memberi dana, Epic tak akan menjadi pemilik dari produk yang dibuat oleh penerima dananya.

"Setiap produk yang didaftarkan akan dievaluasi, dan pemberian dananya akan dilakukan secara bertahap," tulis Epic dalam pengumumannya.




USD 100 juta ini memang uang yang sangat banyak, namun Epic kini mempunyai pemasukan yang sangat besar juga. Sejak Fortnite menjadi sangat populer, Epic mendapat pemasukan ratusan juta dolar setiap bulannya.

Epic pun sebelumnya pernah mengalokasikan uang sebanyak USD 100 juta untuk turnamen esport Fortnite tahun pertama, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (21/3/2019).


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed