Selasa, 29 Jan 2019 10:20 WIB

Piala Presiden e-Sports 2019, Kompetisi ML ala Pemerintah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Pemerintah menggelar kompetisi eSport terbesar untuk pertama kalinya yang dinamakan Piala Presiden e-Sports 2019.

Mobile Legend jadi game yang dipilih oleh pemerintah di Piala Presiden e-Sports 2019. Hal itu tak terlepas dari kepopulerannya di masyarakat. Ajang ini guna mencari bakat gamers yang nantinya bisa berkompetisi di kompetisi kelas dunia.

"Masyarakat dapat mendukung para gamers Indonesia. Kita punya 43 juta gamers, namun skill saja belum cukup, kalau tidak didukung oleh masyarakat," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1).




Disampaikan Rudiantara, pemerintah berupaya membangun akses internet cepat di seluruh Indonesia agar eSports bisa berkembang dan menghasilkan atlet yang berprestasi.

Kompetisi ini akan memperebutkan akan digelar mulai Januari hingga Maret 2019. Piala Presiden e-Sports 2019 akan jadi ajang tahunan guna memfasilitasi dan memberdayakan gamers dari berbagai daerah.

Penyisihan di 8 Daerah

Piala Presiden eSports 2019 dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu turnamen regional dan turnamen nasional.

Turnamen regional di delapan daerah berlangsung di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center 9-10 Februari 2019, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar, 16-17 Februari 2019, The Park Mall Solo dan Manado Town Square, 23-24 Februari 2019, Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi 2-3 Maret 2019.

Babak kualifikasi diikuti 512 pemain dari masing-masing regional. Selanjutnya, tim terbaik dari delapan kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL. Setelah itu, mereka yang lolos akan bersaing di babak Grand Final Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada akhir Maret 2019 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo.




Kompetisi Piala Presiden e-Sports 2019 terselenggara melalui kerja sama antara Kementerian Kominfo, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden, Badan Ekonomi Kreatif, serta IESPL.




Tonton video 'Ratusan Gamers Perebutkan Rp 1,4 M di 'Southeast Asia Cyber Arena':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed