Kamis, 03 Jan 2019 08:37 WIB

Fortnite Berjaya, Gamer Ini Kecipratan Uang Rp 144 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Tyler Blevins. Foto: Robert Reiners/Getty Images Tyler Blevins. Foto: Robert Reiners/Getty Images
Jakarta - Nama Tyler Blevins alias Ninja mungkin belum setenar PewDiePie. Tapi gamer berusia 27 tahun ini tidak kalah fenomenal.

Ninja merupakan salah satu gamer Fortnite yang streaming-nya di Twitch dan YouTube terhitung must see. Rekor 'pembunuhannya' sudah mencapai hampir 95.000 dan popularitas Fortnite yang terus meningkat pada tahun 2018 berhasil memberikannya pendapatan hampir USD 10 juta (Rp 144 miliar).


Dilansir detikINET dari CNN, Kamis (3/1/2019) Blevins mengatakan bahwa 70% dari pendapatannya di tahun 2018 didapatkan dari hasil stream di YouTube dan Twitch. Ia sendiri memiliki lebih dari 20 juta subscriber di YouTube dan 12,5 juta follower di Twitch.

Dengan jumlah penggemar sebanyak itu, dapat dibayangkan berapa juta view yang ia dapatkan dalam satu kali stream dan berapa banyak pemasukan yang ia dapat dari iklan yang ditonton penggemarnya.

Tyler 'Ninja' BlevinsTyler 'Ninja' Blevins. Foto: Robert Reiners/Getty Images


Selain pendapatan dari iklan, ada juga penggemarnya yang membayar langsung untuk menonton Blevins bermain Fortnite. Dari 12,5 juta follower, ia memiliki 40.000 follower yang rela membayar untuk menonton stream-nya.

Twitch sendiri memang memiliki opsi untuk penonton yang ingin langsung memberi insentif kepada kreator favorit mereka. Ada tiga tingkatan 'harga' yang ditawarkan Twitch yaitu USD 4,99; USD 9,99 atau USD 25 per bulan. Selain dari saku penggemarnya, pendapatan Blevins juga berasal dari sponsor seperti Samsung, Uber Eats dan Red Bull.



Blevins tidak melihat dirinya sebagai gamer, melainkan pemilik bisnis kecil. Ia pun menyamakan menjadi gamer dengan mengurus kedai kopi.

Blevins pun sadar bahwa satu hari saja ia tidak muncul di kanal Twitch atau YouTubenya, ia harus menanggung risiko kehilangan pendapatan. Ia pun bekerja 12 jam dalam sehari, dan memainkan Fortnite hingga 4.000 jam sepanjang tahun 2018.

"Mereka akan menemukan kedai kopi lain jika kalian tidak buka. Kalian harus buka selamanya," ujarnya dalam wawancara dengan CNN. (vim/afr)