Minggu, 07 Okt 2018 13:23 WIB

Wah! Nintendo Daftarkan Paten Casing Ponsel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Casing Nintendo. Foto: Nintendo Casing Nintendo. Foto: Nintendo
Jakarta - Nintendo mendaftarkan sebuah paten baru yang bisa menyulap layar di ponsel menjadi sebuah Game Boy, lengkap dengan tombol-tombol fisiknya.

Paten ini pertama dikirimkan ke United State Ptent and Trademark Office (USPTO) pada Maret 2018 lalu. Namun, baru kali ini paten ini terendus oleh publik.



Dari gambar yang ada dalam dokumen pendaftaran paten itu, casing-nya berbentuk seperti sebuah buku yang bisa dibuka. Cover bagian depannya menyerupai layaknya 'wajah' dari Game Boy.

Wah! Nintendo Daftarkan Paten Casing PonselCasing Nintendo untuk smartphone. Foto: Nintendo


Casing-nya sendiri akan terhubung ke ponsel pada bagian belakang dari casing itu. Ketika ditutup, sebagian besar layar ponsel akan tertutup dan ponsel akan menjelma sebuah perangkat Game Boy. Menariknya, tombol di casing tersebut akan berfungsi penuh dengan terhubung ke layar ponsel.

Wah! Nintendo Daftarkan Paten Casing PonselCasing Nintendo untuk smartphone. Foto: Nintendo


Layaknya sebuah Game Boy, casing itu mempunyai tombol A dan B, sebuah tombol arah, dan tombol start serta select. Namun, tombol L dan R yang ada di Game Boy Advance tak ada di dalam casing ini, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Minggu (6//10/2018).



Sampai saat ini, Nintendo memang tak mempunyai software Game Boy baik untuk Android maupun iOS. Tetapi, jika casing ini benar akan diproduksi massal, Nintendo tentu harus merilis game retro dari console handheld itu ke perangkat Android ataupun iOS.

Sebelumnya jejak Nintendo di ranah perangkat mobile terbilang sukses. Pada Juli 2016 mereka merilis Pokemon Go yang sangat populer di masanya. Lalu ada juga Fire Emblem Heroes yang meraup pemasukan lebih dari USD 400 juta sejak diluncurkan pada Februari 2017. 400 juta sejak diluncurkan pada Februari 2017. (agt/agt)