Senin, 05 Feb 2018 17:30 WIB

DevKit Nintendo Switch Sempat Tertahan di Bea Cukai Indonesia

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Kris Antoni Hadiputra Nurwono dan pengembang game Indonesia mungkin sekarang bisa bernapas lega. Pasalnya, DevKit Nintendo Switch yang sempat tertahan di Bea Cukai Bandara sudah sampai dengan selamat.

Bermula ketika Kris yang tak lain adalah CEO & Co-Founder Toge Productions tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada tanggal 27 November 2017. Kala itu ia sehabis melakukan perjalanan dari Singapura untuk mengambil DevKit Nintendo Switch.

"Di Asia Tenggara, hanya Singapura yang masuk dalam daftar putih negara dengan perusahaan pengembang game konsol. Karenanya, untuk bisa mendapatkan DevKit ini saya harus mengirimnya ke Singapura," ujar Kris ketika berbincang dengan detikINET via telepon, Senin (5/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa pemilik konsol belum berani mengirim ke Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lain, seperti proses birokrasi yang rumit, legal hukum, perlindungan hak cipta, tingginya pembajakan, dan lainnya. Selain itu, DevKit sendiri menjadi hardware yang sensitif, karena terdapat banyak rahasia perusahaan di dalamnya.

Sesampainya di bandara Soekarno Hatta, seperti biasa Kris mengisi formulir deklarasi. Namun, ketika akan melangkah keluar ia terkena pengecekan random dan di situ ia kedapatan membawa tiga buah DeKit Nintendo Switch yang menurut pihak Bea Cukai dianggap sebagai tiga boks mainan konsol video game.

Kris dan kawan sudah mendapatkan DevKit Nintendo Switch.Kris dan kawan sudah mendapatkan DevKit Nintendo Switch. Foto: Facebook/Kris Antoni Hadiputra Nurwono

"Pada saat itu saya mencoba menjelaskan apa itu DevKit. Tapi, karena penjelasan kurang baik malah ditahan dengan alasan perlu dilakukan investigasi," paparnya.

Tak putus asa, ia mencoba untuk menghubungi Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk meminta bantuan. Beruntung, pihak Bekraf dan AGI mau memberikan bantuan.

Dan kini, setelah hampir tiga bulan sempat tertahan, akhirnya DevKit Nintendo Switch ini sampai ke tangan Toge Production. DevKit ini sendiri menjadi salah satu pintu masuk game-game lokal ke kancah internasiona, khususnya di jagat game konsol. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.