BERITA TERBARU
Senin, 11 Des 2017 18:34 WIB

'Industri Anime China bakal Salip Jepang'

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi (Foto: Istimewa) Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Jakarta - Masifnya ekspansi China di berbagai belahan dunia terasa di sejumlah industri, mulai dari otomotif, gadget, hingga industri hiburan anime.

Salah satu produser anime asal Jepang bahkan mulai khawatir dengan perkembangan anime China yang pesat.

Yoshitada Fukuhara, produser anime Kemono Friends beberapa waktu lalu memposting pernyataan mengejutkan lewat Twitter. Menurutnya industri anime Jepang bisa saja tersalip oleh industri anime China.

"Walaupun industri animasi di China baru saja dimulai, aku yakin mereka bakal menyusul kita dalam hal produksi di tiga tahun mendatang dan kemampuan dalam waktu lima sampai 10 tahun lagi," cuit Fukuhara seperti dikutip detikINET dari Rocket News 24, Senin (11/12/2017).

Tweet dari Fukuhara ini sontak menimbulkan diskusi di antara netizen Jepang. Beberapa follower Fukuhara bahkan menyebut jika China sudah menyusul Jepang dalam hal kuantitas produksi dan teknik mereka untuk animasi 2D dan 3D sudah sampai pada level yang dihargai.

Meski demikian, Fukuhara berpendapat bahwa daya tarik animasi Jepang di luar negeri adalah konten berorientasi dewasa yang lebih canggih.

Baru-baru ini China dan Jepang berkolaborasi dalam sebuah proyek animasi. Namun Fukuhara menduga bahwa aransemen ini tidak memiliki masa depan untuk Jepang.

Menurutnya, sekali China sudah mempelajari trik perdagangan, melanjutkan kerjasama dengan Jepang akan menjadi tidak masuk akal bagi mereka.

Ada beberapa masalah yang dialami Jepang terkait situasi ini. Salah satunya adalah, banyak dari industri anime dan fandom (fans kingdom) atau fans loyal yang melihat Jepang sebagai Tuhan tak terkalahkan dari anime dan memandang China akan selamanya menjadi pengikut.

Namun, pada kenyataannya China sendiri mulai memacu kecepatan dalam perkembangan industri anime. Sehingga hal inilah yang patut diwaspadai oleh kreator anime di Jepang. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.