6 Cara Main Game Akinator yang Dianggap Bisa Baca Pikiran Kamu

ADVERTISEMENT

6 Cara Main Game Akinator yang Dianggap Bisa Baca Pikiran Kamu

Kholida Qothrunnada - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 16:45 WIB
Game Akinator
Begini cara Main Game Akinator yang Dianggap Bisa Baca Pikiran. Foto: Tangkapan Layar/akinator.com
Jakarta -

Akinator adalah salah satu permainan yang dianggap bisa membaca pikiran orang yang memainkannya. Game Akinator sebenarnya sudah dirilis lama. Namun, game Akinator saat ini juga masih dimainkan oleh sebagian besar orang.

Dikutip dari laman game Akinator, Akinator adalah game yang dirilis tahun 2007, oleh pengembang perusahaan IT Elokence. Dalam game ini sang Akinator digambarkan sebagai sosok fiksi berwujud seorang laki-laki berkumis dengan baju biru, yang mengenakan sorban. Sosok Akinator ini berjargon "Pikirkan seorang karakter fiksi atau nyata. Saya akan mencoba untuk menebaknya".

Sang Akinator ini juga bisa disebut sebagai sosok yang mirip dengan Jin, dalam budaya Timur Tengah. Artinya, sesuai dengan apa yang dilakukan game Akinator yakni membaca pikiran. Game Akinator ini aplikasinya bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Cara Main Akinator

Adapun langkah atau cara bermain game Akinator adalah sebagai berikut:

  1. Download Akinator Google Play Store atau App Store
  2. Jika sudah, buka aplikasi Akinator
  3. Daftar akun (kamu juga bisa mendaftar atau bermain dengan akun anonim)
  4. Sesuai dengan jargon Akinator, nantinya, kamu akan diminta untuk memilih dan memikirkan satu karakter fiksi atau non fiksi. Namun, kamu jangan memberitahu karakter yang kamu pilih itu ke aplikasi ini
  5. Jika sudah, kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan dari game Akinator
  6. Selanjutnya, game Akinator akan menarik kesimpulan dan menembak satu sosok, yang sudah kamu pikirkan saat diminta pada awal permainan tadi.

Cara Kerja Permainan Akinator

Masih banyak orang yang bertanya tentang, bagaimana cara kerja Akinator? Kemungkinan cara kerja Akinator ini dianggap menggunakan metode probabilistik (pembelajaran penguatan kemungkinan).

Hal ini berdasarkan ide dasar dari algoritma ID3 yakni membangun sebuah pohon keputusan. Dikutip dari ebook berjudul Data Mining dan Penerapan Algoritma oleh Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Algoritma ID3 adalah metode pembuatan pohon keputusan terkenal yang diusulkan Quinlan pada tahun 1989.

Algoritma ID3 yang kemungkinan menjadi cara kerja game Akinator ini memilih nilai properti gain dari informasi maksimum dalam konsentrasi sampel saat ini sebagai atribut uji. Mesin akan mengelompokkan jawaban-jawaban yang sudah dipilih pemainnya, menjadi satu suatu tangkai pohon sebelum menebaknya.

Ini menjadi alasan mengapa jawaban yang diberikan oleh Akinator, hanya status dan bukan nama dari karakter yang sudah dipikirkan pada awal permainan. Sejumlah orang juga terheran dan terkesima, karena game Akinator ini bisa menebak pikiran pemainnya. Mungkin ada juga tebakan yang dijawab salah oleh Akinator.

Nah, itu tadi informasi game Akinator yang dianggap bisa baca pikiran kamu dan cara kerjanya. Detikers ada yang pernah memainkan game Akinator?



Simak Video "Pengumuman! Squid Game Bakal Diadaptasi ke Reality Show"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT