Review Horizon Forbidden West, Game yang Memanjakan Mata

ADVERTISEMENT

Review Horizon Forbidden West, Game yang Memanjakan Mata

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 20 Mar 2022 21:01 WIB
Review Horizon Forbidden West
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Horizon Forbidden West hadir sebagai salah satu game andalan PS5, penerus Horizon Zero Dawn yang pada 2017 lalu menjadi andalan PS4. Secara singkat, ini adalah game yang memukau mata pemainnya.

Reviewnya bisa saja berhenti sampai di situ, karena game ini memang adalah game yang sangat memukau dari sisi grafis. Bergenre Action RPG, game besutan Guerrilla ini menawarkan dunia yang sangat besar untuk dijelajahi pemainnya.

Tokoh utamanya tetap Aloy dari suku Nora, dengan setting masa depan atau post apocalyptic, di mana peradaban sudah kalah dengan robot-robot, yang awalnya dibuat untuk membantu manusia. Sayangnya, robot-robot tersebut kemudian dialihkan fungsinya dan tak lagi bisa menerima perintah, alias berfungsi semaunya sendiri.

Di sinilah peran Aloy, yang sebenarnya masih sama dengan perannya di Horizon Zero Dawn, yaitu menyelamatkan peradaban, namun lebih luas. Ia harus pergi ke Barat untuk mencari copy Gaia, inti dari program Zero Dawn yang fungsinya mengembalikan mengembalikan kehidupan di bumi.

Rasanya cukup membicarakan soal cerita di game ini. Lalu, bagaimana dengan gameplaynya?

Sebagai game open world, Horizon Forbidden West punya wilayah yang sangat luas, lengkap dengan berbagai monster yang kemampuannya beragam. Dari yang mudah dibunuh sampai yang sulit.

Review Horizon Forbidden WestHorizon Forbidden West Foto: Dok. Sony

Oh ya, meski tergolong open world, tak semua elemen yang ada di game ini bisa dieksplorasi. Contohnya, tak semua bagian tebing atau tembok, atau juga tiang, bisa dipanjat oleh Aloy. Ini adalah kemampuan baru bagi Aloy yang sebelumnya tidak ada.

Hanya bagian tertentu saja yang bisa dipanjat, biasanya ditunjukkan dengan warna yang menyala pada bagian tebing atau lainnya. Gunakan Focus untuk melihat area yang bisa dipanjat.

Jadi jangan bayangkan kemampuan memanjatnya ini seperti di Zelda Breath of the Wild, atau juga seperti kembarannya, Genshin Impact. Tidak, tidak seluas itu, kok.

Review Horizon Forbidden WestHorizon Forbidden West Foto: Dok. Sony

Dan layaknya game-game lain, semakin jauh petualangannya maka semakin tinggi juga tingkat kesulitannya. Sebagai game RPG, misi di game ini pun terbagi-bagi menjadi misi utama dan misi sampingan. Konon, untuk menyelesaikan semua misi di game ini, dibutuhkan waktu sekitar 60 jam. Saya tidak mencoba membuktikan itu dan memilih untuk percaya saja.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT