Review PES 2021, Game Bola yang Paling Mendekati Nyata - Halaman 2

Review PES 2021, Game Bola yang Paling Mendekati Nyata

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 06:33 WIB
PES 2021
PES 2021. Foto: fyk

Pertama apalagi kalau bukan masalah klasik lisensi klub yang tidak lengkap, bahkan masih terkesan ala kadarnya. Dalam soal inilah PES selalu kalah dari pesaingnya FIFA besutan EA Sports.

Memang ada lisensi khusus untuk beberapa klub tenar yaitu Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, Manchester United dan Arsenal. Namun fans klub lain semacam Liverpool, Inter Milan atau AC Milan hanya bisa gigit jari karena kostum dan nama timnya tidak tampil sesuai aslinya, begitupun stadionnya.

Kemudian kalimat komentator di pertandingan benar-benar tidak variatif dan bisa dibilang sama saja di semua pertandingan. Bahkan dibandingkan dengan edisi PES silam identik, sehingga bikin bosan.

PES 2021PES 2021. Foto: Konami

Aksi di lapangan pun ada sebagian kejanggalan. Terkadang saat asyik memainkan satu pemain, ada pemain lain yang menghalangi jalur sehingga bertubrukan. Selain itu, wasit tampaknya lebih sensitif di mana aksi yang sepertinya biasa saja kerap kena semprit.

Di sisi lain selain perubahan gameplay, mode game di PES 2021 tidak banyak berubah. Master League misalnya, mirip dengan tahun silam. Sedangkan myClub telah diupdate dengan transfer dan statistik terkini.

Secara keseluruhan, PES 2021 merupakan game bola yang paling realistis dimainkan saat ini. Memang tidak banyak bedanya dengan PES 2020 tapi tetap ada beberapa peningkatan yang menarik. PES 2021 merupakan perpisahan manis bagi PS4 sebelum menyongsong era PS5 yang menjanjikan banyak keunggulan.

(fyk/afr)