Minggu, 10 Nov 2019 15:13 WIB

Pesan dari Atlet eSport: Jangan Terlalu Gila Banget Sama Game

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Tim eSport Onic Olympus (Fitraya Ramadhanny/detikcom) Tim eSport Onic Olympus (Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta - Maen game memang seru, tapi kalau sampai kecanduan bahaya juga. Para atlet eSport pun berpesan agar jangan main game sampai lupa waktu.

Kasus kematian remaja Thailand akibat kecanduan game jadi perhatian para gamer. Tim eSport Onic Olympus yang baru juara Free Fire di ajang Grand Final UniPin Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) 2019 ikut berkomentar.
Mereka adalah Abdul Aziz Husein (20) dari Purwakarta, Rezky Wiza Putra (19) dari Bukittinggi, Fakhri Ardikusuma (14) dari Bogor dan Rahmad Syahputra (18) dari Pekanbaru. Keempatnya menyangkan ada remaja tewas akibat kecanduan game.

"Ya main game tahu waktu saja, jangan terlalu gila banget sama game," kata Abdul Aziz Husein usai menjuarai Free Fire di SEACA 2019, Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (10/11/2019).

Menurut dia, adalah salah besar jika main game sampai lupa waktu apalagi sampai 5-10 jam tanpa istirahat. Itu bisa berbahaya untuk kesehatan. Bahkan atlet eSport seperti mereka saja butuh istirahat.
"Harus ada jedanya, makan dan istirahat. Main itu 2-3 jam mesti ada jeda," kata Rezky Wiza.

Aziz mengatakan ukurannya sebenarnya gampang. Kalau baterai smartphone untuk main game habis, itu artinya kita juga harus istirahat. Gunakan waktu jeda untuk melakukan kegiatan yang lain.

"Makan, istirahat, nonton Youtube, tidur, atau lihat orang lain main," kata dia.
Terkait dengan keberhasilan tim eSport dari Jakarta Selatan ini menjuarai Free Fire di SEACA 2019, Onic Olympus merasa senang dan bangga. Semua player menjalankan tugas dan strategi yang direncanakan dan tampil maksimal sepanjang kompetisi.

"Intinya latihan, mau bagaimana pun mesti banyak berlatih, semua itu dari latihan dan kerja keras, usaha dan banyak doa," kata Aziz.

Untuk detikers yang ingin menonton SEACA 2019 di Balai Kartini, Minggu (10/11) adalah hari terakhir. Pengunjung hari ini bisa menikmati kompetisi adu Tekken 7, Free Fire Exhibition Match, PUBG Mobil dan upacara penutupan.

Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)