5 Elemen Penting yang Bisa Maksimalkan Karya Fotografimu

5 Elemen Penting yang Bisa Maksimalkan Karya Fotografimu

Atta Kharisma - detikInet
Selasa, 15 Feb 2022 14:53 WIB
Praktisi Fotografi Dokumentasi Wedding, Amanda Anindita Kirana
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Tantangan dalam menjadikan fotografi sebagai profesi kerap mengintimidasi para pemula. Namun, pondasi yang kuat dapat mempermudah proses mewujudkan itu semua.

Salah satunya adalah atensi terhadap sejumlah ilmu dan pemahaman fundamental di elemen-elemen yang penting, seperti yang dilakukan oleh Amanda Anindita Kirana. Baginya, seorang fotografer profesional memiliki 5 hal esensial yang harus diperhatikan.

Dengan latar belakang ekstensif dalam praktisi fotografi dokumentasi wedding, Amanda adalah seorang pembuat karya yang multidimensional. Dalam portofolio karyanya ia telah mencakup sejumlah disiplin dari dokumentasi, foto produk, hingga portraiture fashion, yang membuka lini produksi karyanya ke dalam berbagai jenis arahan kreatif.

Pandangannya terhadap bekerja sebagai seorang fotografer profesional bertumpu kepada kepentingan pemahaman ilmu fundamental yang akan terus terpakai dalam profesinya. Penangkapan eksposur yang tepat, pengertian penggunaan lensa yang sesuai kebutuhan, dan pemahaman terhadap ilmu-ilmu yang kerap dikesampingkan oleh fotografer amatir dalam era modern ini. Di mana sebuah akses terhadap sebuah kamera dapat dengan mudah didapatkan oleh seluruh khalayak umum.

Amanda menekankan ada dua poin penting dalam pertumbuhannya sebagai seorang fotografer profesional, yakni kesadaran dan keterampilan menangkap momen yang tepat untuk diabadikan, serta kemampuan berkomunikasi dengan subyek fotonya.

"Kalau misalnya untuk portrait sih, harus mengenal talent yang kita foto," jelas Amanda ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/2/2022).

"Bagaimana berkomunikasi dengan baik itu juga penting. Selain kita juga bisa mengambil angle atau foto yang baik, cara berkomunikasi itu juga penting sebagai seorang fotografer," imbuhnya.

Namun dalam masa social distancing ini, Amanda juga menekankan pentingnya beradaptasi dengan situasi yang sulit. Salah satunya adalah dengan mencoba berbagai jenis cara untuk tetap berkarya dengan adanya batasan limitasi yang tersedia. Mulai dari virtual photoshoot hingga metode lainnya, keberadaan lingkup virtual ini membuat Amanda dapat tetap berkarya tanpa batasan.

"Preparasi awalnya akan lebih panjang sih. Cuman karena ngedirect-nya enggak bisa langsung jadi kita harus ngobrol lebih banyak untuk details di tempatnya mereka ketika difoto," ungkapnya.

Amanda menjelaskan ada lima elemen penting yang patut didalami oleh siapapun yang ingin menggeluti karya fotografi dengan maksimal.

Pertama adalah kamera. Menurut Amanda, pemilihan alat pokok ini sangat tergantung preferensi masing masing. Selain itu, penggunaan secara teknis dan kebiasaan pribadi sangat mempengaruhi pemilihan alat ini. Merk tidak menjadi masalah dalam sektor ini, karena semua mengikuti personalitas dari masing-masing fotografer.

Kedua adalah pemilihan lensa yang tepat tergantung situasi. Mempersiapkan dan memahami kegunaan jenis-jenis lensa penting bagi subjek yang ingin dipotret. Tiap jenis lensa memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dibutuhkan. Karenanya, penting untuk mendalami, bereksperimen dan mempelajari mengenai komponen penting ini.

Elemen ketiga yang harus diperhatikan adalah cahaya. Cahaya merupakan elemen yang sangat penting dalam pengambilan foto yang baik. Penting untuk melakukan riset terhadap keberadaan cahaya di lokasi pengambilan foto. Jika dianggap kurang, dapat dibantu oleh pencahayaan tambahan dalam bentuk cahaya buatan seperti continuous light atau flash.

Reflektor cahaya merupakan elemen keempat dalam hal yang penting disiapkan oleh seorang fotografer. Karena dalam situasi yang tidak bisa diprediksi, alat ini penting untuk mengontrol atau memanipulasi cahaya yang tersedia untuk menghasilkan foto yang maksimal.

Terakhir adalah moodboard. Amanda menekankan pentingnya perencanaan konsep yang kuat sebelum eksekusi produksi foto. Dengan moodboard yang baik, arahan kreatif yang diinginkan dapat dikomunikasikan dengan lancar menggunakan gambaran visual yang jelas. Ini berguna bagi segala hal yang bersangkutan, mulai dari model, arahan produksi, hingga lokasi.

Pada intinya, Amanda menekankan pentingnya persiapan yang matang dalam segala projek fotografi yang ingin dilakukan. Dalam era di mana komunikasi virtual sudah mencapai level yang membuka kesempatan kreatif yang baru, fotografi dan pencapaian karya dalam level profesional bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dihasilkan

(ads/ads)