6 Filosofi dan Arti Warna Dalam Desain Grafis

6 Filosofi dan Arti Warna Dalam Desain Grafis

Sponsored - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 15:36 WIB
adv
Jakarta -

Ada begitu banyak hal yang perlu diperhatikan seorang desainer grafis dalam merancang suatu karya, misalnya logo. Ini antara lain bentuk, background, font, kreativitas, relevansi dan yang tak kalah penting adalah warna. Peranan atau arti warna dalam desain ternyata begitu besar.

Pasalnya unsur tersebut mempunyai kekuatan untuk mengkomunikasikan suatu makna, maksud, atau arti, bahkan yang absen kata-kata. Jika dikaitkan dengan sebuah brand, pemilihan warna yang tepat pada logonya ternyata mampu mendorong pembelian hingga mencapai 85%.

Bagi para desainer, ketahui makna dan filosofi warna sebelum memutuskan menggunakannya dalam karya Anda. Sementara untuk yang penasaran dengan info terbaru seputar bidang desain grafis, aplikasi, videografi, dan fotografi, Pixel.web.id bisa jadi rujukan terbaik.

Merah

Arti warna merah dalam desain seringkali dikaitkan dengan energi yang berapi-api, sifat menggebu-gebu, agresif, gairah, dan cinta. Merah juga kerap mewakili bahaya, kekuatan, api sampai darah, termasuk warna penggugah selera makan.

Tak heran jika warna yang menyala salah satu yang paling kuat dalam upaya branding.

Beberapa brand terkemuka yang menggunakan warna tersebut dalam logonya adalah waralaba restoran McDonald's, Coca-Cola, Netflix, Air Asia, dan banyak lagi.

Biru

Filosofi warna biru mewakili sikap profesional, percaya diri, kuat, cerdas, stabil, sejuk, dan rileks. Bagi kalangan yang menerapkan terapi warna sebagai upaya penyembuhan, biru dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi, insomnia, dan menetralkan sakit kepala/migrain.

Berdasarkan arti warna biru dalam desain grafis di atas, tak heran jika warna tersebut kerap menjadi bagian dari simbol bisnis perbankan. Ini misalnya bank-bank lokal terkemuka di Indonesia seperti BNI, BCA, BRI, dan BI.

Beberapa perusahaan IT terkemuka juga menerapkan warna ini untuk logo usahanya seperti HP, Dell, IBM, dan Microsoft.

Selain itu ada pula Twitter, Facebook, IKEA, Pfizer, NASA, dan Samsung yang juga melibatkan warna biru dalam logonya.

Putih

Sebagai warna yang ideal berpadu dengan unsur lainnya, arti warna putih dalam desain grafis adalah netral, murni, bersih, dan baik. Inilah sebabnya putih kerap menjadi warna gaun pengantin, seragam dokter dan perawat, hingga kostum karakter malaikat atau peri.

Dalam bidang desain grafis, putih sering menjadi background untuk menonjolkan warna lain dalam rancangan yang lebih besar. Warna putih juga kerap dipilih untuk menampilkan desain minimalis yang simple, estetik, namun menyimpan makna besar, seperti contohnya logo Apple.

Hitam

Selain putih, hitam juga merupakan warna netral yang sering dilawankan dengan putih terutama dalam kisah-kisah tentang kebaikan VS kejahatan. Arti warna hitam dalam desain grafis adalah kekuatan, formalitas, keanggunan, misteri, dan kejahatan. Warna hitam di negara-negara barat juga mewakili suasana berkabung, kematian, okultisme, sampai perayaan Halloween.

Warna hitam ideal sebagai aksen atau teks dalam rancangan berkonsep edgy atau dalam desain yang eksklusif. Ini misalnya pada brand-brand mewah seperti Chanel serta Dior. Melibatkan warna hitam dalam desain juga bertujuan untuk menyampaikan nuansa misteri atau kecanggihan.

Beberapa brand terkemuka dengan logo berwarna hitam lainnya adalah Adidas, Sony, Gucci, Hyundai, dan sebagainya.

Hijau

Secara umum hijau akan selalu berasosiasi dengan alam, misalnya rerumputan, pepohonan, dan tumbuhan. Arti warna hijau dalam desain sendiri adalah ketenangan, keseimbangan, stabilitas, dan kemakmuran atau uang.

Lampu hijau yang menyala pada traffic light sendiri artinya pengguna jalan boleh kembali melanjutkan perjalanan. Inilah sebabnya simbol hijau juga mewakili sebuah tindakan atau aksi.

Merek terkenal yang menggunakan nuansa hijau pada logonya adalah Starbucks, Gojek, Grab, Tokopedia, ACER, dan Spotify.

Kuning

Kuning sebagai warna yang hangat dan terang sebagaimana matahari sering mewakili energi, kebahagiaan, harapan, usia muda, optimism, dan keceriaan. Dalam desain grafis warna kuning muda melambangkan kelembutan dan ketenangan, sementara kuning tua atau keemasan bermakna elegan dan antik.

Kuning juga merupakan warna yang dapat menarik perhatian orang dalam sekejap. Huruf "M" dalam logo restoran cepat saji McDonald's konon dipilih karena mudah terlihat bahkan dari kejauhan. Selanjutnya dengan melihat lengkungan warna kuning terang McD, orang akan langsung teringat dengan restoran fast food tersebut.

Teori mengenai arti warna dalam desain di atas tentu saja bukanlah ilmu. Jadi sebagai desainer Anda juga perlu mempertimbangkan kemungkinan lain, misalnya unsur budaya yang bisa jadi mempunyai interpretasi lain akan suatu warna.

Meski demikian referensi di atas tentu dapat menambah wawasan Anda. Dengan begitu Anda akan memiliki perspektif dan pertimbangan yang lebih luas dalam memilih warna-warna untuk desain Anda. Semoga menginspirasi.

(Tagsite/pixelwebid)