Membangun Siluet Foto dengan Latar Monitor PC

Tips Fotografi

Membangun Siluet Foto dengan Latar Monitor PC

Ari Saputra - detikInet
Minggu, 18 Sep 2016 11:11 WIB
Kolase hasil jepretan siluet berlatar layar monitor PC. (Foto: Ari Saputra/detikINET)
Jakarta - Belajar membuat foto siluet bisa dilakukan di rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan permainan atau koleksi action figure yang dimiliki. Selain itu cukup dengan layar monitor PC sebagai background sekaligus sumber cahaya.

Seperti dalam contoh kali ini, foto-foto dihasilkan dari siluet action figure dan beberapa merchandise traveling. Yakni dengan menempatkan satu persatu di depan layar monitor. Sebelumnya, saya menjepret bidang kosong putih dengan sedikit over exposure supaya lebih terang untuk dijadikan wallpaper komputer.

Kotak karton — bisa juga dengan tumpukan buku— diletakan di depan layar monitor. Fungsinya sebagai panggung para action figure beraksi. Sekaligus membuat angle yang tepat di depan background putih terang itu.

Memanfaatkan sumber cahaya terang sebagai background, maka foto subjek yang didepannya menjadi gelap (underexposure). Dengan ISO rendah dan bukaan kecil, speed dapat disesuaikan sampai subjek benar-benar gelap total dengan background putih pekat. Lalu fokuskan lensa ke subjek foto. Jika kesulitan karena backlight, dapat diubah ke mode manual fokus.

Memotret siluet action figure dengan background layar monitor PC. (Foto: Ari Saputra)Memotret siluet action figure dengan background layar monitor PC. (Foto: Ari Saputra)

Lakukan berapa kali jepret hingga mendapatkan pose dan adegan yang menarik. Atau jika ingin menggonta-ganti 'layar putih' tersebut dengan gambar, pola dan warna suka-suka, bisa dilakukan dengan bebas.

Kemudian foto yang dihasilkan bisa dikoreksi lewat software/aplikasi hingga mendapatkan kontras yang diinginkan. Biasanya cukup mengubah brightness, kontras dan level ratio.

Mengkoreksi kontras, brigtness, levels di sofware. (Foto: Ari Saputra)Mengkoreksi kontras, brigtness, levels di sofware. (Foto: Ari Saputra)

Dan rahasia sukses memperoleh siluet yang hidup yakni tidak membuat siluet hitam begitu saja. Namun memikirkan bentuk dan gesture seperti bayangan wayang kulit yang dimainkan dalang dari balik kelir. Seiring dengan itu, fotografer dituntut menangkap sesuatu dari subjek untuk disampaikan ke khalayak dengan cakap, lewat bahasa sesederhana mungkin, dengan caranya masing-masing.

Membuat siluet dengan mengubah background putih dengan warna suka-suka. (Foto: Ari Saputra)Membuat siluet dengan mengubah background putih dengan warna suka-suka. (Foto: Ari Saputra)

Dan jika itu sudah dianggap menyenangkan, Anda bisa memboyong 'laboratorium' rumahan tersebut ke event atau momen yang lebih besar dan berharga. Atau sebaliknya, dalam momen serderhana yang bisa hadir tiba-tiba dan dimana saja

Tiga foto yang dikolase dengan memboyong konsep di depan layar monitor PC ke dunia nyata. (Foto-foto: Ari Saputra)Tiga foto yang dikolase dengan memboyong konsep di depan layar monitor PC ke dunia nyata. (Foto-foto: Ari Saputra)
(Ari/rou)