Review Ricoh GR IIIx, Compact Kamera yang Premium - Halaman 2

Review Ricoh GR IIIx, Compact Kamera yang Premium

ADVERTISEMENT

Review Ricoh GR IIIx, Compact Kamera yang Premium

Enche Tjin - detikInet
Kamis, 04 Nov 2021 10:30 WIB
Review kamera Ricoh GR IIIx
Foto: Dok. Enche tjin

Kinerja, Autofokus dan fitur lainnya

Sistem autofokus GR III X mirip dengan GR III, yang menggunakan kombinasi deteksi kontras dan fasa. Kinerja autofokus tidak lambat, tapi tidak cepat. Masih ada hunting fokus untuk subjek diam, atau di kondisi cahaya lemah. Sistem autofokus dapat mengenali wajah dan mata jika subjek cukup dekat, tapi tidak selalu dapat mendeteksi subjek yang kita inginkan dengan tepat.

Untunglah kita bisa menyentuh layar LCD secara langsung untuk menentukan area fokus dan layar Ricoh sendiri sangat responsif dan bisa digunakan untuk navigasi menu juga.

Meskipun kamera ini sangat compact, tapi juga memiliki built-in 3 axis image stabilizer yg sangat membantu saat memotret ataupun merekam video. Dalam pengujian, saya dapat menghasilkan foto yang tajam di shutter speed sekitar 1/5-1/8 detik, yang artinya sekitar 2.5 stop, cukup membantu di kondisi cahaya gelap. Bagi yang tangannya lebih stabil, tentunya bisa lebih lambat lagi

Yang tidak ada di Ricoh GR III X

Kamera compact seperti GR, tidak punya banyak tempat untuk beberapa hal yang mungkin cukup bernilai. Contohnya GRIIIx tidak punya jendela bidik dan flash built-in. Ricoh menyediakan aksesoris seperti jendela bidik optik dan flash yang bisa dibeli secara terpisah.

Bagi yang senang merekam video, Ricoh GR punya fitur untuk merekam video juga, namun sayangnya stabilizernya kurang bisa diandalkan saat kita berjalan dan kualitas tertingginya Full HD.

Lensa fix yang tidak bisa ganti lensa mungkin saja membatasi kreativitas. Ricoh GR memang gak bisa ganti lensa, tapi ada teleconverter GT-2 yang dapat mengubah lensa ini menjadi ekuivalen 75mm. Bagi yang suka jarak fokal yang lebih lebar, Ricoh GR III dan wide converter GW-2 yang mengubah lensa ekuivalen 28mm menjadi 21mm mungkin lebih cocok.

Rekomendasi

Kamera compact semacam Ricoh GR III X ini memang selalu masuk dalam kategori niche, artinya tidak banyak orang yang akan membeli dan menggunakannya karena punya keterbatasan seperti tidak bisa zoom, tidak bisa bertukar lensa, tidak punya jendela bidik dan layar putar. Tapi bagi sebagian orang yang sangat peduli dengan desain, ukuran yang kecil, ringan dan tidak ingin berkompromi dengan kualitas gambar, Ricoh GR III X merupakan pilihan yang sangat baik.

Bagi saya, Ricoh GR III X seperti kamera untuk snapshoot atau bersketsa, karena ukurannya yang sangat kecil, saya tidak merasa keberatan untuk membawanya di saku celana saja. Jika ada kesempatan, langsung bisa digunakan untuk mengabadikan suatu momen.

Hadirnya lensa baru ekuiv. 40mm ini membuka peluang baru. Fotografer yang suka still life seperti food photography atau portrait, kemungkinan besar akan lebih senang dengan jarak fokal normal/standard ini. Untuk street photography 40mm juga salah satu jarak fokal yang populer. Sedangkan untuk landscape dan interior mungkin GR III yang punya lensa lebih lebar akan lebih cocok.

Estimasi harga Ricoh GR IIIx di Indonesia Rp 17 juta dan akan tersedia akhir tahun 2021 ini.

Kelebihan Ricoh GR IIIx

* Ukuran ringkas, bisa dikantongi
* Desain kamera bagus dan kokoh dari magnesium alloy
* Sensor besar (APS-C) beresolusi 24MP dengan lensa lebar (40mm f/2.8)
* Layar monitor Touchscreen
* Desain menu tertata rapi dan enak dibaca
* Punya shake reduction (IBIS)
* Startup (buka tutup kamera) cepat (sekitar 1 detik)
* Tombol dan menu dapat di customizable
* Pilihan beragam preset terutama untuk Monochrome
* Raw Development di kamera
* Bisa di charge dengan kabel USB-C dengan powerbank
* Punya internal memory 2GB untuk menyimpan foto/video.

Kelemahan Ricoh GR IIIx

* Tidak weathersealed, tidak tahan air dan badai debu
* Kinerja autofokus yang suka "hunting" terutama di kondisi gelap/kurang kontras
* Lensa tidak bisa zoom (Bisa crop)
* Kapasitas baterai rendah (200-300 foto per full charge)
* Roda dial belakang agak flimsy (lemah dan tipis, kurang kokoh/berat).
* Spesifikasi utama Ricoh GR IIIx
* Lensa baru 26.1mm F2.8 GR lens (40mm eq.)
* 24MP APS-C sensor tanpa low pass filter untuk ketajaman maksimal
* GR ENGINE 6 imaging engine plus RICOH-original accelerator unit
* Multi-tone 14-bit RAW
* ISO 100-102400
* Hybrid AF system deteksi wajah dan mata
* Stabilizer tiga axis
* ND Filter built-in
* Magnesium-alloy body
* Layar sentuh LCD 3 inci

(jsn/fay)

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT