Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0

Review

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0

Enche Tjin, - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 13:12 WIB
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0
Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta -

Kalau saja Oscar Barnack pembuat Leica I hampir seratus tahun yang lalu masih hidup di zaman digital, mungkin dia akan membuat kamera yang mirip dengan Leica CL. Tapi bedanya kualitas kamera digital zaman sekarang tentunya sudah jauh lebih baik daripada kamera film zaman dulu.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica L. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Oscar Barnack. Foto: Dok. Enche Tjin

Leica CL punya digital sensor berukuran APS-C dengan resolusi 24MP dan juga bisa ganti lensa. Lensa yang compatible antara lain adalah lensa Leica TL, SL dan lensa dari L-Alliance seperti Sigma L dan Lumix S. Kita juga bisa memasang lensa-lensa Leica M-mount atau SLR dengan adaptor yang sesuai.

Kalau dilihat sekilas, kamera ini seperti kamera retro/kamera film zaman dulu. Tapi jika digunakan, pengaturan dan handling kamera ini lebih mirip dengan kamera digital modern.

Di bagian atas kamera terdapat dua dial dan dua tombol yang berfungsi untuk mengganti mode kamera, mengganti ISO, setting bukaan lensa, shutter speed dan kompensasi eksposur. Di bagian belakang kamera terdapat tiga tombol yang cukup besar, yaitu Play, FN dan Menu. Tombol FN bisa diganti fungsinya dengan menekan agak lama.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica CL Top. Foto: Dok. Enche Tjin

Kamera ini sudah diluncurkan tahun 2017 yang lalu, tapi di awal tahun ini, Leica CL mendapatkan perubahan dan penambahan fitur dalam bentuk firmware (software di kamera) yang saat ini yang terbaru adalah versi 4.0.

Saat menekan menu, akan muncul layar status. Semacam quick menu yang memudahkan dan mempercepat kita mengganti setting dengan cepat baik untuk Photo dan Video. Keputusan membagi menu menjadi dua (Photo & Video) menurut saya sangat bijak supaya pengguna kamera bisa lebih cepat menemukan fungsi yang mereka inginkan.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica CL Menu. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica CL Menu 2. Foto: Dok. Enche Tjin

Jika kita menekan tombol menu sekali lagi, maka akan masuk ke menu favorit yang isinya bisa dikustom sesuai keinginan, dan selanjutnya baru menu lain yang berjumlah lima halaman saja.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica CL Menu 3. Foto: Dok. Enche Tjin

Di firmware 4.0, Leica memberikan menu pilihan digital zoom 1.3x dan 1.7x seperti yang ada di Leica Q. Digital zoom ini sebenarnya hanya cropping saja, tapi membantu visualisasi dan sangat membantu saat mengunakan lensa fix seperti 18mm. Saat memilih 1.3x, jarak fokal menjadi ekuivalen dengan 35mm, dan 1.7x di 46mm. Resolusi akan berkurang menjadi 15.4MP dan 7.5MP. Masih cukup baik untuk kebutuhan cetak foto untuk majalah, koran, dan media online.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Digital Zoom 1. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Digital Zoom 2. Foto: Dok. Enche Tjin

Meskipun ukuran kameranya mungil, tapi CL ini tetap memiliki jendela bidik yang berada di sebelah kiri atas kamera yang meskipun hanya 2 juta titik, tapi cukup luas dan jelas. Jendela bidik ini memudahkan untuk komposisi foto di kondisi luar ruangan yang terang, dan membantu untuk manual fokus jika memasang lensa manual fokus.

Leica banyak menerima pujian atas profile warnanya dan di Leica CL ini punya beberapa pilihan, diantaranya Standard, Vivid, Natural, B&W Natural dan High Contrast. Di setiap film style-nya bisa fine tune lagi ketajaman, saturasi dan kontrasnya sesuai selera.

Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0BW Natural lensa Leica TL 35mm f/1.4. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0 Standard dengan lensa Leica TL 35mm f/1.4. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Street Photography dengan lensa Leica TL 23mm f/2. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica CL dan lensa Leica CL 18-56mm. Foto: Dok. Enche Tjin
Mengulas Leica CL Dengan Firmware Terbaru 4.0Leica Vivid dengan lensa Leica SL 16-35mm. Foto: Dok. Enche Tjin

Di zaman sekarang, koneksi kamera ke ponsel menjadi penting baik untuk mengirimkan foto & video dan juga untuk sebagai remote kontrol. Di Leica CL punya ikon shortcut langsung ke Leica Fotos dan menghubungkan kamera dengan aplikasi ini terasa lebih mulus dan cepat setelah firmware 4.0.

Leica CL adalah kamera compact mirrorless yang cocok bagi yang ingin mencari sistem kamera dan lensa yang ringkas dan berkualitas tinggi. Leica CL cocok untuk pemilik Leica M yang mencari kamera pendamping yang bisa autofokus dan pengguna Leica SL yang ingin kamera yang lebih ringkas untuk travel dan street photography.

Spesifikasi Leica CL
* 24MP APS-C CMOS sensor
* ISO 50-50000
* Video 4K 30p
* Jendela bidik 2.36 juta titik
* Layar monitor touchscreen 1 juta titik
* Wifi
* Berat 403 gram dengan baterai
* Dimensi 131 x 78 x 45 mm



Simak Video "Tidak Sembarangan! Begini Proses Pembuatan Kamera Leica M10"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)