KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 13 Feb 2020 14:48 WIB

Tips Motret Buat yang Tangannya Suka Tremor

Enche Tjin - detikInet
Ilustrasi fotografer Tips Motret Buat yang Tangannya Suka Tremor. Foto: Jay Wennington
Jakarta -

Saya punya kebiasaan tangan tremor waktu memegang kamera, entah itu kamera HP maupun kamera beneran. Karena gemetaran itu, hasil fotonya jadi suka blur. Gimana ya caranya untuk meminimalkan hasil foto ngeblur buat orang tremor seperti saya?

- Rekha -

Jawaban:

Supaya hasil foto tajam dan stabil, kita bisa set shutter speednya agak cepat. Seberapa cepat, tentunya tergantung dari lensa yang digunakan (lebih panjang/tele perlu lebih cepat) dan tingkat tremornya.

Coba set 1/125 detik untuk memulai, jika masih blur karena goyang (shake), coba naikkan lagi ke 1/200 detik. Jika foto gelap, ISO bisa ditingkatkan sebagai kompensasinya.

Ada cara yang lebih efektif lagi yaitu mengunakan stabilizer seperti tripod. Dengan memasang kamera/HP di tripod, otomatis getaran tangan kita masuk ke dalam hasil foto. Saran saya, pilihlah tripod yang kokoh supaya hasil foto tajam maksimal.

Alternatifnya, kita juga bisa menggunakan gimbal. Ukuran gimbal yang lebih kecil dan ringan cocok untuk memotret atau merekam video. Tapi gimbal tidak bisa menghilangkan getaran sepenuhnya, hanya memuluskan saja.

(rns/rns)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.