Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III - Halaman 3

Review

Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III

Enche Tjin, - detikInet
Selasa, 14 Apr 2020 10:21 WIB
review dslr canon 1dx mark iii
Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Kualitas fisik kamera

Seperti kamera Canon 1D lainnya, weathersealing merupakan fitur utama dan andalan. Setiap ada celah ada segelnya mencegah air dan partikel debu untuk masuk ke dalam kamera. 1D mengunakan bahan logam magnesium alloy yang relatif ringan dan kuat.

Yang berbeda dengan kamera DSLR yang lebih murah yaitu struktur logam untuk mirror boxnya dari logam sehingga lebih tahan benturan dan siap untuk foto di kondisi yang buruk.

Kiri: Kerangka kamera ini dari magnesium alloy yang kuat tapi ringan. Kanan: Mirror Box dilindungi dengan kerangka logam.Kiri: Kerangka kamera ini dari magnesium alloy yang kuat tapi ringan. Kanan: Mirror Box dilindungi dengan kerangka logam. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Warna merah menandakan posisi seal air dan debu di Canon 1DX mark III.Warna merah menandakan posisi seal air dan debu di Canon 1DX mark III. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Flash Photography

Seperti kamera lainnya, 1DX mark III memiliki flash dengan max. sync speed 1/250 dan High sync speed (HSS) dengan flash yang compatible. Karena kamera ini sudah bisa mendeteksi wajah, mata dan kepala, maka flash bisa memprioritaskan ke bagian tersebut sehingga lebih akurat.

Yang menarik juga ada tiga pilihan pengukuran flash E-TTL yaitu: Ambient Priority (fokus ke pencahayaan latar belakang), Standard (seimbang antara subjek dan latar belakang), dan Flash Priority (fokus flash di subjek saja, latar belakang dibiarkan gelap atau terang).

review dslr canon 1dx mark iiireview dslr canon 1dx mark iii Foto: Dok. Enche Tjin

Pengalaman

Menggunakan kamera DSLR 1DX Mark III terasa mengoperasikan kamera pro yang serius, kamera yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi yang sulit, siap untuk motret di kondisi perang sekalipun. 1DX mark III bukan kamera yang kecil dan ringan, kameranya saja 1.44kg (dengan baterai dan kartu) belum dengan lensanya, dan itu cukup membuat lelah saat memotret untuk masa yang lama. Di sisi lain, integrated battery grip atau disebut juga vertikal grip sangat membantu untuk pekerjaan yang sering memotret dengan orientasi portrait.

Suara shutter 1DX saat memotret cukup keras baik dengan shutter maupun live view. Suara yang cukup keras terutama saat memotret kontinyu ini tentu akan mengganggu saat memotret di acara-acara yang hening atau foto candid, tapi untungnya kalau ingin suaranya senyap bisa menggunakan electronic shutter (ES).

Untuk soal kinerja, kamera ini tidak diragukan lagi. Performanya sangat cepat dan responsif. Saya tidak perlu menunggu saat mengoperasikan kamera misalnya saat menyalakan langsung siap memotret, begitu pula saat meninjau foto. Autofokusnya cepat baik melalui jendela bidik atau live view dan operasi kamera di menu dan tombolnya juga terasa instan.

review dslr canon 1dx mark iiireview dslr canon 1dx mark iii Foto: Dok. Enche Tjin

Kesimpulan

Kamera Canon 1DX Mark III dengan harga Rp110 juta ini adalah kulminasi dari semua know how Canon dalam membuat kamera DSLR profesional. Secara spesifikasi, mungkin tidak terlihat peningkatan yang berarti, tapi saat ditelaah lebih jauh dan digunakan, fotografer pro terutama yang bekerja di bidang jurnalistik akan merasakan peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek kamera. Dari sistem autofokusnya, kinerja dan juga kualitas dari foto dan videonya.

(jsn/fay)