Nikon Nyerah Bikin DSLR

ADVERTISEMENT

Nikon Nyerah Bikin DSLR

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 13 Jul 2022 11:15 WIB
Review kamera Nikon Z fc
Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta -

Nikon disebut akan berhenti memproduksi kamera DSLR model baru, dan mengalihkan fokusnya ke kamera mirrorless.

Dilansir Nikkei, Rabu (13/7/2022), Nikon akan terus memproduksi dan mendistribusikan kamera DSLR yang sudah ada saat ini, namun tak lagi mengembangkan kamera DSLR baru. Pengembangan kamera baru ini hanya akan dilakukan di ranah mirrorless.

Namun dalam pernyataannya, Nikon tidak menepis atapun membenarkan laporan Nikkei tersebut. Mereka hanya menyebut kalau laporan tersebut sebatas spekulasi.

"Ada artikel di media terkait mundurnya Nikon dari pengembangan SLR. Artikel media ini hanya spekulasi dan Nikon tidak membuat pengumuman apa pun terkait hal ini. Nikon akan terus memproduksi, menjual, dan memberi layanan untuk digital SLR," tulis Nikon di situs resminya.

Sebelumnya Nikon sudah memastikan menyetop produksi dua kamera DSLR murahnya, yaitu D3500 dan D5600, dan mengaku akan berfokus di segmen menengah ke atas, baik untuk kamera dan lensa. Di segmen ini target pasarnya adalah profesional dan penghobi fotografi.

Langkah itu diambil Nikon sembari memperkuat lini produknya untuk khalayak yang lebih muda, yang lebih mementingkan kualitas video.

Sementara itu, sejak Juni 2020 Nikon tak lagi merilis kamera SLR baru. Kamera DSLR terakhir yang mereka rilis adalah D6 yang merupakan seri kamera flagship untuk profesional. Begitu juga pengembangan kamera compact yang tak lagi mereka lakukan.

Saat ini Nikon adalah produsen terbesar kedua pembuat DSLR, nomor satunya adalah Canon. Canon sendiri punya langkah serupa dengan Nikon, yang sebelumnya menyebut EOS-1D X Mark III adalah kamera SLR flagship terakhir mereka.

Dengan semakin canggihnya kamera mirrorless yang ada saat ini, terutama dengan kualitas gambar yang dihasilkan, banyak pengguna mungkin akan lebih memilih kamera mirrorless. Terutama karena bodinya yang lebih kecil dan ringan.

Pada 2020 lalu, untuk pertama kalinya pengapalan kamera mirrorless bisa menyalip pengapalan kamera DSLR dengan jumlah pengapalan 2,93 juta berbanding 2,37 juta unit.

Nikon sendiri sudah 60 tahun memproduksi kamera SLR yang banyak digunakan di berbagai kalangan, baik amatir sampai profesional. Nikon sudah ada sejak 1917 meski baru memakai nama Nikon pada 1946 dan merilis SLR pertamanya pada 1959. Pada 1990, Nikon mulai beralih ke DSLR. Pada 2021 lalu, menurut Nikkei, Nikon menjual sekitar 400 ribu kamera SLR.



Simak Video "Nikon Indonesia Tutup Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT