Terus Merugi, Nikon Kini Fokus Garap Mirrorless

Terus Merugi, Nikon Kini Fokus Garap Mirrorless

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 19:45 WIB
review kamera Nikon Z6 II
Nikon Z6 IIFoto: Dok. Enche Tjin
Jakarta -

Kondisi finansial Nikon disebut sudah mencapai tahap mengkhawatirkan yang terjadi karena pasar kamera yang terus menurun akibat pandemi.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, Nikon bakal mengalihkan fokusnya dalam menggarap pasar kamera mirrorless, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Rabu (20/1/2021).

Nikon disebut bakal menghadapi kerugian operasional yang besar untuk tahun fiskal mereka yang berakhir pada Maret 2021 mendatang. Kerugiannya disebut bakal mencapai USD 720 juta, yang kontras dengan kondisi tahun sebelumnya, di mana Nikon meraup keuntungan USD 65 juta.

Jika kerugian operasional sebesar itu benar-benar terjadi, maka itu adalah kerugian paling besar yang dialami Nikon sepanjang sejarah mereka. Di sisi lain, Canon diperkirakan bakal meraup keuntungan sebesar USD 616 juta pada akhir tahun fiskal mereka, yaitu Maret 2021.

Sementara itu divisi video Nikon juga diperkirakan bakal mengakhiri tahun fiskal ini dengan defisit USD 433 juta, jauh lebih tinggi dibanding defisit tahun sebelumnya, yaitu USD 164 juta.

Dalam sebuah wawancana, Hirotaka Ikegami, Managing Executive Officer Nikon, yang memimpin divisi video Nikon, mengakui kondisi keuangan Nikon yang terpuruk ini terjadi karena mereka terlalu lambat untuk transisi ke mirrorless.

Sebelumnya, Nikon juga tengah merestrukturisasi bisnisnya, salah satunya dengan memindahkan fasilitas produksi kameranya ke luar Jepang, yaitu ke Thailand. Langkah ini disebut bisa mengurangi biaya operasional sampai dengan 59%.

Namun hal ini tidaklah cukup untuk memperbaiki kondisi finansial Nikon, dan langkah selanjutnya adalah berfokus pada kamera mirrorless. Mereka sudah ada di jalan yang benar jika melihat performa dan popularitas dari kamera mirrorless seri Z mereka.

"Besaran pasar kamera mirrorless fullframe, yang biasanya dibeli oleh profesional dan amatir kelas atas, terus meningkat. Setelah tahun fiskal berakhir pada Maret 2021, kami akan berkonsentrasi pada kamera mirrorless dan memperluas lini," ujar Ikegami.

"Kondisi ini tak akan berubah pada tahun fiskal mendatang. Untuk saat ini kami akan berkonsentrasi pada kamera mirrorless," tambah bos Nikon tersebut.



Simak Video "Nikon Indonesia Tutup Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)