Kamera Mirrorless Sepanjang 2020, Sensor Membesar dan Bodi Mengecil

Kamera Mirrorless Sepanjang 2020, Sensor Membesar dan Bodi Mengecil

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 29 Des 2020 22:35 WIB
Panasonic Lumix S5 Kamera Hybrid Untuk Kreator
Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta -

Meski selama 2020 banyak orang yang (seharusnya) berdiam diri di rumah dan mungkin tak butuh kamera mirrorless, pabrikan kamera tetap merilis kamera mirrorless baru selama 2020.

Lalu ada juga tren yang tampaknya dianut oleh sejumlah pabrikan, yaitu merilis kamera dengan sensor yang semakin besar dan bodi yang terus mengecil. Mungkin saja, hal ini mereka lakukan untuk meningkatkan perbedaan kualitas gambar antara kamera mirrorless dibanding kamera di ponsel yang kualitasnya semakin bagus.

Meski memang ada juga pabrikan yang setia dengan format sensor non full frame, seperti APS-C atau micro four third. Yaitu Fujifilm dan Olympus.

Sebenarnya pabrikan kamera sudah mulai merilis kamera mirrorless dengan sensor full frame sejak beberapa tahun lalu. Namun pada kamera-kamera mirrorless full frame versi awal, kebanyakan performanya belum matang. Berbeda dengan kamera keluaran 2020 yang rata-rata mendapat pujian di berbagai ulasan.

Jadi, apa saja sih kamera mirrorless baru di 2020, terutama yang punya sensor besar (full frame) namun dengan bodi mungil?

Canon EOS R5
Canon mulai merambah mirrorless full frame pada 2018 lewat EOS R. Meski di atas kertas itu adalah kamera yang mumpuni, namun performa dan fiturnya relatif tertinggal dibanding pesaingnya saat itu.

Berbeda dengan EOS R5 keluaran Juli 2020, yang mendapat banyak pujian dalam berbagai ulasan. Sensor full framenya punya resolusi 45 megapixel, bisa merekam video 8K 30p, dan sistem in body stabilization yang bagus.

Canon EOS R5, mirrorless full frame terbaru canonCanon EOS R5, mirrorless full frame terbaru canon Foto: Dok. Canon

Nikon Z5
Nikon Z5 adalah kamera mirrorless full frame entry level yang menjadi penerus Z6. Harganya sedikit lebih tinggi dibanding mirrorless entry level lain.

Namun dari segi spesifikasi, Z5 tak kalah dari kamera lain. Sensor full framenya 24 megapixel dan punya electronic viewfinder 3,69 titik, menemani layar sentuh 3 inch di belakangnya. Bodinya terlihat nyaman digenggam karena punya grip yang lumayan besar.

nikon z5nikon z5 Foto: istimewa

Panasonic Lumix S5
Lumix S5 merupakan kamera mirrorless bersensor full frame yang dirancang untuk penggemar fotografi, videografi dan konten kreator yang membutuhkan kamera full frame yang relatif compact tapi memiliki spesifikasi foto dan video yang lengkap dan canggih.

Lumix S5 mengikuti bahasa desain kamera Lumix micro four thirds seperti Lumix G95 yang ukurannya compact tapi punya tombol-tombol, dial dan juga joystick yang cukup lengkap.

Panasonic Lumix S5 Kamera Hybrid Untuk KreatorPanasonic Lumix S5 Kamera Hybrid Untuk Kreator Foto: Dok. Enche Tjin

Sony Alpha 7C
Sony A7C adalah kamera yang unik, karena bodinya menganut desain mirrorless Sony dengan sensor APS-C, namun sensor 24 megapixel yang dipakai sebenarnya full frame. Sama seperti deretan mirrorless Sony lain dari seri A7.

Secara keseluruhan Sony A7C cocok untuk fotografer dan video kreator yang menginginkan kamera full frame dengan body yang ringkas untuk merekam di segala situasi seperti daily life, travel dan street photography.

Sony A7CSony A7C Foto: Dok. Enche Tjin

Nah, kalau detikers bagaimana? Lebih suka memotret pakai kamera mirrorless, DSLR, atau pakai ponsel saja sudah cukup?



Simak Video "Panasonic Luncurkan Mirrorless Anyar Full-Frame LUMIX Seri S"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)