Hobi Fotografi dan Editing? Tantang Diri dengan Ikut Kompetisi Ini!

Hobi Fotografi dan Editing? Tantang Diri dengan Ikut Kompetisi Ini!

Erika Dyah - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 12:04 WIB
Ilustrasi Fotografi
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Punya hobi membidik objek dengan kamera atau memberi sentuhan pada foto dengan gaya editing signature ala kamu? Jangan simpan sendiri karyamu dan cobalah tantang diri dengan mengikuti kompetisi yang bisa bikin untung!

Dengan mengikuti kompetisi, kamu bisa asah kreativitas untuk lebih pede lagi kedepannya dalam berkarya. Nggak hanya itu, berbagai kompetisi juga umumnya menyediakan hadiah menarik yang bisa mendukung hobimu, lho.

Adapun salah satu kompetisi yang bisa kamu ikuti ini adalah Indonesia Creative Competition (IDCC) 2021 persembahan Yuasa Battery Indonesia. Kompetisi Kreatif yang diadakan secara virtual ini merupakan kompetisi terbesar yang didukung oleh 61 komunitas fotografi di seluruh Indonesia. Selain itu, ajang ini juga didukung oleh DOSS dan Lensa Community.

Ada 2 kategori kompetisi yang dibuka untuk umum dalam kompetisi ini, antara lain:

Photo Competition

Kompetisi ini terbuka untuk umum dengan semua genre fotografi. Ada juga genre khusus yang bisa diikuti, yaitu genre Otomotif. Adapun peserta dari Photo Competition IDCC 2021 ini bisa menggunakan segala jenis kamera, baik amatir maupun profesional.

Selain itu, peserta dapat mengikuti kompetisi dengan pilihan tema lomba UNITY atau SURVIVAL. Hadiah utama untuk pemenang pertama Photo Competition ini adalah Kamera Sony Alpha A7IV.

Editing Competition

Tak hanya menghadirkan kompetisi foto, IDCC 2021 juga menantang kreativitas kamu untuk yang hobi mengedit foto. Kamu bisa menunjukkan kepiawaian sentuhan editing-mu melalui kontes editing dengan file yang telah disediakan oleh panitia.

Hadiah utama untuk pemenang pertama Editing Competition ini adalah Kamera SONY ZV1-E10.

Untuk mengikuti kompetisi ini yang berlangsung selama periode 3 Desember 2021 s/d 28 Februari 2022 ini, peserta diharuskan mendaftar di situs IDCC 2021 agar kemudian dapat men-download file RAW maupun JPG yang telah disediakan. Selanjutnya, kamu bisa upload hasil editing ke media sosial sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

Selain hadiah utama di masing-masing kategori kompetisi tersebut, beragam hadiah juga telah disiapkan oleh antara lain dari Juara 2-5 hingga juara favorit 1-5 di masing-masing kategori.

Ilustrasi FotografiFoto: Dok. Yuasa Battery Indonesia

Itu dia 2 kompetisi dari IDCC 2021 yang bisa kamu ikuti dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta. Periode kompetisi ini berlangsung mulai dari 3 Desember 2021 hingga 28 Februari 2022.

Siapkan dirimu untuk mengikuti kompetisi kreatif ini karena juri yang dihadirkan pun tak sembarangan. Ada 4 juri dari kalangan profesional di bidang fotografi, videografi, dan editing yang siap menilai karyamu, yakni Hengky Irawan, Fajar Kristiono, Hardi Budi, dan Denny Patungka.

Selain mengikuti kompetisi, kamu juga bisa berpartisipasi di event virtual lain yang dihadirkan oleh Yuasa Battery Indonesia yaitu Online Workshop. Kegiatan ini dihadirkan dengan tujuan memperkaya ilmu dan wawasan dari seluruh peserta IDCC 2021.

Catat tanggalnya dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi kreatif ini! Segera daftarkan dirimu melalui https://idcc.doss.co.id/. Informasi lebih lanjut mengenai ajang IDCC 2021 dapat kamu ikuti melalui Instagram @LoveYuasa dan @IDCC_id.

(akd/ads)