Ajang Dunia Photokina Ditangguhkan Imbas Industri Kamera Terdampak Corona

Ajang Dunia Photokina Ditangguhkan Imbas Industri Kamera Terdampak Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 21:14 WIB
Ilustrasi Photokina
Foto: Dok. XDS
Jakarta -

Penyelenggara Photokina mengumumkan bahwa perhelatan akbar fotografi di dunia ini ditangguhkan tanpa batas waktu. Keputusan berat ini terpaksa dilakukan sebagai dampak industri kamera yang sedang kewalahan.

Berdasarkan pernyataan penyelenggara ke publik, penurunan pasar kamera dan imaging secara tajam dan terus berlanjut menjadi penyebab utama pembatalan acara yang telah rutin digelar setiap tahunnya di Cologne, Jerman, sejak 1950.

Selama 70 tahun, Photokina telah menjadi panggung utama para produsen untuk memamerkan perlengkapan fotografi terbaru mereka, mulai dari bodi kamera, lensa, sensor, dan hampir semua hal lain terkait industri imaging.

Sebenarnya, desas-desus tidak mengenakkan tentang Photokina bukanlah hal baru. Pada 2017, penyelenggara mengumumkan bahwa pameran yang semul digelar dua tahunan akan menjadi acara tahunan terhitung sejak 2018. Karena itu pula, rangkaian acara ini juga berubah dari yang biasanya berlangsung selama enam hari menjadi hanya empat hari.

Kemudian setelah Photokina 2018 berjalan sesuai jadwal di bulan September, pameran ini pindah jadwal menjadi Mei di 2019. Namun Photokina di tahun itu batal digelar karena waktu persiapannya terlalu singkat bagi peserta untuk mengembangkan konsep dan produk baru untuk dipamerkan.

Selanjutnya, Photokina 2019 ditunda dan digeser ke Mei 2020. Namun nyatanya, pandemi virus Corona melanda. Photokina 2020 sudah diputuskan akan dibatalkan dan dipindahkan ke Mei 2022. Namun, rencana ini juga sepertinya tidak akan terwujud.

Dikutip dari TechRadar, Selasa (1/12/2020) Photokina pada masa kejayaannya sangat ditunggu produsen kamera untuk mengumumkan produk terbaru mereka. Namun tren tersebut telah lama berubah. Merek-merek besar seperti Sony, Nikon, Canon, dan Fujifilm misalnya, menyelenggarakan acara peluncuran mereka sendiri di luar pameran Photokina.

Selain itu, pameran teknologi tahunan lainnya seperti CES di Las Vegas dan IFA di Berlin, menjadi tempat mejeng yang lebih populer untuk semua hal tentang teknologi, termasuk industri fotografi.

Alhasil, di antara pasar kamera yang sedang kewalahan berjuang, perhelatan pameran produk yang kompetitif, ditambah lagi situasi pandemi global yang penuh ketidakpastian, penyelenggara Photokina pun memutuskan untuk menangguhkan Photokina. Tampaknya, sangat kecil kemungkinan Photokina akan dihidupkan lagi di masa mendatang. Semoga saja pameran fotografi yang ikonik dan legendaris ini masih bisa dipertahankan.



Simak Video "Memotret Pesepeda, Saat Hobi Jadi Pundi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)