Canon EOS R5 Mirorless Pertama Rekam Video 8K?

Canon EOS R5 Mirorless Pertama Rekam Video 8K?

Enche Tjin, - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 14:49 WIB
canon eos r5
Canon EOS R5 Mirorless Pertama Rekam Video 8K? (Foto: istimewa)
Jakarta -

Canon telah berulangkali memamerkan spesifikasi Canon EOS R5 sejak awal tahun 2020 dan memang sudah ditunggu-tunggu oleh para videografer karena diklaim dapat merekam video 8K.

Pada tanggal 20 April 2020, akhirnya Canon secara resmi mengumumkan spesifikasi kamera secara lengkap, meski kapan ketersediaannya di Indonesia belum diumumkan.

Canon EOS R5 ini akan bisa didapatkan dengan harga Rp56 juta (USD 3899) atau Rp 72 juta dengan lensa 24-105mm f/4L. Harga ini didapatkan dengan patokan kurs 1 USD = Rp 14.500 dan belum termasuk pajak 10%.

Kualitas dan fitur video di kamera foto menjadi semakin penting dan banyak peningkatannya dalam beberapa tahun terakhir. Canon menyadari hal ini dan EOS R5 ini melampaui banyak pesaingnya dengan kemampuan merekam 8K RAW, 4K 120p dan ditunjang dengan built-in stabilization sebesar 8 stop stabilization dan teknologi autofokus deteksi fasa yang dinamakan dual pixel AF generasi ke-2.

Ukuran dan berat kamera mirrorless terbaik Canon saat ini tergolong compact dan ringan yaitu hanya 739 gram saja dan sudah termasuk baterai.

Untuk fotografi, fitur yang ditawarkan memang tidak begitu menonjol, misalnya resolusi yang ditawarkan 45MP, lebih rendah dari yang diberikan kamera DSLR Canon 5DSR (50MP dan pesaingnya yang mencapai 47 dan 61 MP), tapi kemampuan foto berturut-turutnya dapat cukup cepat yaitu 12fps atau 20fps dengan electronic shutter.

Selain itu, ada peningkatan dynamic range yang meningkat 1 stop dari sensor generasi sebelumnya.

Bentuk fisik dan tata letak tombol kamera mirrorless R5 ini mirip dengan kamera DSLR Canon pada umumnya, jadi untuk pengguna kamera DSLR Canon yang upgrade ke R5 akan cepat dapat beradaptasi.

Hanya ada sedikit perbedaan yaitu di bagian atas, desainnya menyerupai Canon EOS R dengan layar tambahan dan tombol mode seperti kamera Canon mirrorless pendahulunya Canon EOS R.

Target pengguna kamera ini adalah fotografer dan videografer profesional yang menginginkan kamera yang tidak hanya bisa merekam foto berkualitas saja tapi juga kualitas video yang tinggi. Tapi karena ukuran kamera yang compact dan tidak memiliki fan internal seperti kamera Cinema, maka kamera ini akan cepat panas (overheat).

Dalam dokumentasinya, Canon menyatakan bahwa ada batasan waktu sampai maksimum 20 menit untuk video 8K dan 30-35 menit untuk video 4K. Jika kamera digunakan untuk merekam di atas suhu 23 derajat Celcius, maka waktu maksimum akan lebih pendek.

Setelah kamera dibiarkan mendingin selama 10 menit, videografer dapat merekam kembali 8k selama 3 menit, dan jika merekam 4K bisa merekam selama 10 menit.

Dengan fakta tersebut maka kamera EOS R5 ini bukan ditujukan kepada sinematografer profesional yang dituntut untuk merekam video terus menerus di berbagai suhu lingkungan, tapi untuk fotografer dan content creator yang membutuhkan kamera yang dapat menghasilkan gambar yang beresolusi tinggi dan sesekali merekam video clip dan juga menginginkan kamera dengan body yang compact Canon EOS R5 sepertinya akan menjadi kamera yang ideal.

Spesifikasi Canon EOS R5

* 45MP full-frame Dual Pixel CMOS sensor
* 8K video, dengan opsi 10-bit 4:2:2 C-log or HDR PQ
* Video sampai dengan 4K/120p, atau oversample ke 4K sampai dengan 30p
* Cakupan 100% untuk sistem autofokus deteksi fasa Dual Pixel II yang dapat mendeteksi manusia dan hewan
* Kecepatan foto berturut-rutu 12fps / 20fps (mekanik/elektronik)
* Jendela bidik 5.76M-dot OLED dengan kecepatan referesh 120fps
* Layar sentuh dan putar 3.2 inci dengan resolusi 2.1 juta
* 10-bit HDR foto dalam format HEIF
* Dua slot memory 1x CF Express, 1x UHS-II SD card.
* Weathersealing setara Canon EOS 5D Mark IV
* Wi-Fi 2.4/5Ghz dengan Bluetooth dan konektivitas FTP
* Kapasitas baterai sekitar 320 dengan mengunakan jendela bidik



Simak Video "Keren! Aksi Water Canon Jadi Penyemprot Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)