Fujifilm Rilis Aplikasi untuk Sulap Mirrorless Jadi Webcam

Fujifilm Rilis Aplikasi untuk Sulap Mirrorless Jadi Webcam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 28 Mei 2020 17:53 WIB
Fujifilm X-Pro3
Fujifilm Rilis Aplikasi untuk Sulap Mirrorless Jadi Webcam (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Fujifilm merilis aplikasi baru yang membuat beberapa kamera mirrorless seri X dan GFX menjadi webcam untuk PC. Ya, pengguna bisa menggunakan mirrorless medium formatnya menjadi sebuah webcam.

Aplikasi bernama Fujifilm X Webcam berfungsi dengan menghubungkan kamera mirrorless dengan PC melalui kabel USB. Alhasil pengguna bisa menikmati kualitas gambar yang sangat jauh lebih tinggi ketimbang webcam di PC, dan tetap jauh lebih tinggi ketimbang menggunakan ponsel sebagai webcam.

Pengguna pun bisa menikmati simulasi film andalan Fujifilm dalam mode ini. demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (28/5/2020).

Sayangnya, sejauh ini, kamera yang didukung Fujifilm X Webcam ini cukup terbatas dan hanya tersedia untuk Windows. Aplikasinya hanya berfungsi di seri X-H1, X-Pro2, X-Pro3, X-T2, X-T3, X-T4, dan semua seri medium format GFX.

Pandemi virus Corona ini membuat banyak pekerja yang harus melakukan pekerjaannya melalui konferensi video. Karena itulah permintaan akan webcam meningkat drastis dan bahkan mengalami keterbatasan stok di beberapa tempat.

Canon pun sebelumnya juga merilis aplikasi sejenis untuk mengubah kamera DSLR, mirrorless, ataupun kamera pocketnya menjadi webcam. Aplikasi dari Canon ataupun Fujifilm ini membuat pengguna bisa menikmati sensor kamera besar dan lensa berkualitas dari kedua pabrikan itu untuk menghasilkan gambar webcam yang jauh lebih baik.

Pengguna mirrorless lain yang tak bisa menikmati aplikasi sejenis sebenarnya juga bisa menggunakan kameranya itu sebagai webcam. Asalkan kameranya punya port HDMI out yang 'bersih' serta mempunyai capture card di PC-nya untuk menerima sinyal video lewat HDMI.

Trik semacam ini biasanya dimanfaatkan oleh para live streamer di YouTube, Twitch, dan sejenisnya.



Simak Video "Terbentur Izin, Produksi Obat Corona Fujifilm Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)