Selasa, 24 Sep 2019 20:27 WIB

Mirrorless Fuji Seharga Mobil Diklaim Laris di Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Fujifilm GFX 100. Foto: Dok. Fujifilm Fujifilm GFX 100. Foto: Dok. Fujifilm
Jakarta - Fujifilm merilis GFX 100 yang harganya mencapai Rp 155 juta pada akhir Juli lalu di Indonesia. Dan ternyata kamera medium format itu laris manis selama masa pre order.

Masa pre order GFX 100 berlangsung selama bulan Agustus lalu, dan pemesannya selama satu bulan itu mencapai 30an orang. Bahkan, jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lain, pemesan GFX 100 di Indonesia ini adalah yang paling tinggi.

"Pemesannya selama masa pre order itu mencapai 30an unit. Padahal kami prediksi cuma 10 unit," ujar Sales Manager Electronic Imagung Division Fujifilm Indonesia Wawan Setiawan yang ditemui detikINET di sela-sela peluncuran kamera X-A7.

Wawan juga menceritakan pihaknya sempat kerepotan menangani pesanan itu. Bukan karena apa, melainkan menurutnya banyak dari pemesannya itu yang ingin lebih cepat mendapatkan unitnya.


"Yang repot adalah ada yang mau duluan dapet unitnya. Misalnya ada yang mau dibawa buat jalan-jalan ke luar negeri," pungkasnya.

Paling laku tetap entry level
Meski jumlah pemesan GFX 100 itu terbilang tinggi, Wawan tak menampik kalau memang penjualan kameranya yang tertinggi tetap di kelas entry level dan menengah. Menurutnya kamera entry level itu adalah yang harganya di bawah Rp 10 juta, sementara kamera menengah kisaran harganya dari Rp 10 juta sampai Rp 20 juta.

Saat ini, dari kelas itu yang paling laku tetaplah seri XA yang merupakan seri entry level di mirrorless buatan Fujifilm. Namun selisihnya sudah tak terlampau jauh dibanding dengan seri mirrorless menengah pabrikan asal Jepang itu.


"Sekarang di kelas mid (menengah) mulai naik persentasenya," ujar Wawan.

Ia pun tak memungkiri kalau pesaing paling besar dari produsen kamera mirrorless tetaplah smartphone. Karena itulah, menurutnya, Fujifilm menyesuaikan fitur-fitur di kamera mirrorlessnya dengan kebutuhan pengguna smartphone.

Simak Video "Fujifilm Hadirkan Kamera GFX 100 Seharga Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)