Selasa, 05 Mar 2019 09:15 WIB

Bikin Foto Portrait Kece Pakai Ponsel ala Glenn Prasetya

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Selain kamera DLSR dan Mirrorless, kita bisa mengandalkan ponsel untuk memotret portrait. Tapi biar hasilnya kece, fotografer Glenn Prasetya punya tipsnya.

Lantaran portrait bertujuan meng-capture sisi terbaik seseorang. Glenn menyarankan kita mengenal objek untuk mencari angle terbaik.


"Kita harus bisa mencari sisi terbaik seseorang. Misalnya mengerti kalau badan menyerong bikin orang terlihat lebih kurus ketimbang frontal. Angle terbaiknya dari sisi kiri atau kanan. Jadi harus mengenal objek kita," kata Glenn.


Selanjutnya siapkan ponsel yang bakal digunakan. Saat ini ukuran lensa kamera ponsel makin tinggi, tapi jika punya fitur portrait mode akan sangat membantu, seperti dimiliki Oppo F11 Pro.

Ponsel baru Oppo tersebut memang mengedepankan kemampuan portraitnya. Tidak saja lewat kamera belakang ganda, tapi kamera pop-up di bagian depan yang berukuran 16 MP.

Bikin Foto Portrait Kece Pakai Ponsel ala Glenn PrasetyaFoto: Glenn Prasetya
Selain itu tersedia mode khusus portrait agar mudah digunakan, baik siang maupun di malam hari.

"Ponsel yang punya portrait mode akan meng-enhance biar hasilnya lebih bagus," ujar fotografer pemilik akun Instagram @glennprasetya ini.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Pastikan jatuhnya cahaya tepat pada objek. Karena ini akan memberikan efek yang berbeda pada setiap hasil jepretan.

"Kalau sumber cahaya di belakang objek akan bikin gelap. Baiknya cahaya mengenai objek. Karena ini foto portrait, cahaya jatuhnya ke wajah," jelas Glenn.



Tonton juga video Tips Foto Portrait dengan Ponsel ala Glenn Prasetya

(afr/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed