BERITA TERBARU
Jumat, 20 Jul 2018 16:46 WIB

Fujifilm XF10, Kamera Mungil dengan Sensor Besar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Fujifilm Foto: Dok. Fujifilm
Jakarta - Fujifilm menelurkan sebuah kamera anyar bernama XF10 yang menjadi penerus X70. Sama seperti pendahulunya, XF10 adalah kamera mungil dengan sensor besar.

Sensor yang dipakai di kamera compact ini berformat APS-C, sama seperti X70. Begitu juga dengan lensa fix yang dipakainya, yaitu lensa 18,5mm yang setara dengan 28mm di format full frame.

Resolusi sensor XF10 adalah 24 megapixel, dan bisa dipakai merekam video 4K dengan frame rate maksimal 15 fps. Di bagian belakang juga ada layar sentuh untuk navigasi kamera, namun kini Fujifilm juga menambahkan sebuah joystik untuk mengatur titik fokusnya.


Bobot XF10 pun lebih ringan ketimbang X70 yang beratnya mencapai 340 gram, yaitu turun menjadi 280 gram. Namun perusahaan asal Jepang itu juga harus mengurangi sejumlah fiturnya, seperti D-pad yang fungsinya digantikan oleh layar sentuh.

Dari sisi software, Fujifilm juga membenamkan 'square mode' yang membuat pengguna bisa mengubah format foto yang dijepret menjadi rasio 1:1 hanya dengan menekan satu tombol, yaitu format rasio yang dipakai di Instagram. Ada juga Bluetooth Low Energy yang mendukung pengiriman foto otomatis ke ponsel.

Fujifilm XF10, Kamera Mungil dengan Sensor BesarFoto: Dok. Fujifilm

Dengan berbagai fitur yang ada, sepertinya XF10 ditujukan untuk mengisi pasar kamera compact premium, di mana konsumennya mencari kamera untuk sekadar menggantikan kamera ponselnya.

XF10 akan dipasarkan mulai Agustus mendatang dengan harga USD 499,95, dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan champagne gold, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (20/7/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed