BERITA TERBARU
Selasa, 02 Mei 2017 08:23 WIB

Ada Kamera Mata-mata James Bond di Museum Ini

Rachmatunnisa - detikInet
Kamera mata-mata intelijen (Foto: detikINET/Rachmatunnisa) Kamera mata-mata intelijen (Foto: detikINET/Rachmatunnisa)
Penang - Bagi para penggemar kamera, ada satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu Asia Camera Museum di Penang, Malaysia. Kita bisa melihat kamera vintage dengan berbagai bentuk unik di sana.

Sejak dibuka pada Agustus 2013, tempat yang diklaim sebagai museum kamera pertama di Asia Tenggara ini menempati salah satu bangunan tua berlantai dua di kawasan George Town Heritage Walks, Penang.

Meski tempatnya terlihat tidak terlalu luas, koleksinya terbilang lengkap. Total ada 1.000 koleksi, yang terdiri dari kamera dan aksesoris komponen kamera.

"Sekitar 90% kamera ini masih bisa dipakai. Sisanya yang sudah tidak bisa dipakai berupa part-part kamera yang dibingkai itu," kata guide museum sambil menunjuk sejumlah pigura yang dia maksud.

Ada Kamera Mata-mata James Bond di Museum Ini  Foto: detikINET/Rachmatunnisa


Dia mempersilakan detikINET menjajal beberapa kamera yang masih berfungsi. Lucunya, menjajal kamera-kamera jadul ini memang cukup membuat kikuk, sekaligus terkesan.

Kikuk karena tidak tahu cara menggunakannya. Namun kemudian terkesan setelah mengetahui cara kerjanya melalui penjelasan si pemandu. Disini, ada juga beberapa jenis kamera berumur 100 tahun!

Si pemandu juga menjelaskan beberapa kamera yang cara penggunaannya unik, yakni menggunakan cermin yang menangkap objek secara terbalik. Selain itu, ada juga mesin untuk teknik pewarnaan foto secara manual.

Hampir semua jenis dan merek kamera ada di sini. Kebanyakan memang merek Jepang. Ada Leica, Canon, Fujifilm, Kodak, generasi pertama Polaroid, Nikon, sampai Yashica.

Yang tak kalah menarik adalah kamera yang digunakan intelijen Perang Dingin dan Perang Dunia II saat melakukan tugas mata-mata, yakni kamera Minox buatan Jerman.

Kamera mata-mata jadi populer pada akhir 1960-an, terutama ketika untuk pertama kalinya tampil dalam salah satu film James Bond. Jadi, kamera mata-mata memang salah satu gadget sungguhan yang dimiliki James Bond. Setidaknya di museum ini, kita bisa tahu wujudnya dari dekat.

Ada Kamera Mata-mata James Bond di Museum Ini  Foto: detikINET/Rachmatunnisa


Selain kamera klasik dari berbagai zaman, dipamerkan pula sejumlah proyektor berukuran besar untuk produksi film. Penjelajahan pun berakhir di sebuah ruangan gelap untuk mempelajari cara mencetak foto dari negatif film.

Nah, jika sedang berada di Penang, Malaysia, terutama kawasan George Town, tidak ada salahnya mengintip koleksi museum ini. (rns/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.