Mahakarya Fotografer Jawara Kontes NatGeo 2016

FotoINET

Mahakarya Fotografer Jawara Kontes NatGeo 2016

Pool - detikInet
Kamis, 15 Des 2016 13:32 WIB

Jakarta - Hasil jepretan jawara kontes foto National Geographic dalam beragam kategori dipamerkan. Tak hanya memukau tapi juga ada yang menampilkan sisi kemanusiaan.

Titel jawara umum diraih fotografer G. Lecoeur asal Perancis dengan mempersembahkan foto kerennya di dalam lautan Afrika Selatan, dimana ada 3 spesies satwa laut diantaranya lumba-lumba, burung gannet dan puluhan ikan sarden. Lecouer akan mendapatkan hadiah mengeksplorasi ke pulau Galapagos yang menjadi tempat tinggal singa laut dan kura-kura selama 10 hari. (Foto: National Geographic 2016)

Potret badai angin tornado pada tanggal 7 Mei 2016 di Wray, Colorado merupakan karya fotografer Tori Shea-Ostberg asal Amerika Serikat berhasil memenangkan juara kedua di kategori Action. Untuk juara pertama di masing-masing kategori mendapatkan hadiah uang tunai USD 2.500 dan juara kedua USD 750. (Foto: National Geographic 2016)

Untuk juara ketiga di kategori Action dimenangkan oleh fotografer Zsolt Kudich asal Hungaria yang memotret burung bangau Balatonhídvégpuszta di Hungaria, dimana pada saat tahun 1921 menjadi hewan langka yang hanya cuma ada 31 pasang bangau dan kini sudah ada 3.000 bangau. Untuk juara ketiga di setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD 500. (Foto: National Geographic 2016)

Foto tiga penyu yang memakan bagian tubuh ubur-ubur di Teluk Byron, New South Wales, Australia yang merupakan makanan utama bagi kura-kura. Karya ini dijepret oleh fotografer Scott Portelli asal Australia yang mendapatkan Honorable Mention di kategori Action. (Foto: National Geographic 2016)

Karya foto pohon yang berjuang untuk bertahan hidup ini diambil oleh fotografer Jacob Kaptein asal Belanda, yang berhasil menjadi juara pertama di kategori Landscape. (Foto: National Geographic 2016)

Juara kedua di kategori Landcape adalah potret salju pertama di pegunungan Cimon de la Pala, Paneveggio-Pale San Martino Natural Park, Italia, karya fotografer Alessandro Gruzza asal Italia. (Foto: National Geographic 2016)

Dalam perjalanannya ke Amerika Selatan, fotografer Santiago Borja asal Spanyol menangkap momen dramatis awan Cumulonimbus yang berada di ketinggian 37.000 kaki di atas Samudera Pasifik. Karya kerennya ini mendapat juara ketiga di kategori Landscape. (Foto: National Geographic 2016)

Meteor warna hijau ini diambil dengan teknik time-lapse yang berada di langit India. Karya fotografer Prasenjeet Yadav asal India mendapatkan Honorable Mention di kategori Landscape. (Foto: National Geographic 2016)

Juara pertama kategori Animal Portraits dimenangkah fotografer Varun Aditya asal India dengan foto makro seekor ular hijau yang menempel di pohon di hutan Amboli, Maharashtra, India. (Foto: National Geographic 2016)

Ini ikan berjenis Peacock Bass, salah satu spesias tropis Amerika Serikat yang dilindungi. Karya fotografer Michael O'Neill asal Amerika Serikat yang mendapatkan juara kedua di kategori Animal Portraits. (Foto: National Geographic 2016)

Dari foto ini, fotografer Jose Pesquero Gomez menyampaikan pesan bahwa persahabatan tak mengenal warna, kebangsaan, ras dan tingkat sosial, usia dan jenis kelamin, dan tidak mengenal jarak. Foto ini mendapatkan juara ketiga di kategori Animal Portaraits. (Foto: National Geographic 2016)

Foto hewan puffin yang sedang istirahat dalam kondisi hujan. Hewan puffin tidak takut dengan manusia, maka fotografer Mario Suarez Porras asal Spanyol dengan leluasa bisa mengambil angle foto yang pas. Foto ini mendapatkan Honorable Mention di kategori Animal Portraits. (Foto: National Geographic 2016)

Momen burung gagak seolah sedang mengusir burung hantu dari wilayahnya. Foto ini diambil oleh fotografer Chia Boon Oo Lawrence yang mendapatkan Honorable Mention di kategori Animal Portraits. (Foto: National Geographic 2016)

Di kategori Environmental Issues atau persoalan tentang lingkungan, untuk juara pertama dimenangkan oleh fotografer Vadim Balakin asal Rusia. Ini adalah penampakan beruang kutub mati yang ditemukan di Pulau Utara Svalbard. Tidak diketahui apakah mati karena kelaparan atau karena sudah tua. (Foto: National Geographic 2016)

Juara kedua kategori Environmental Issues ada karya fotografer Chris McCann asal Amerika Serikat. Foto yang menunjukan fenomena alam di pertambangan garam yang berada di San Francisco. (Foto: National Geographic 2016)

Foto partikel-partikel plastik yang terdapat pada kemasan produk kecantikan yang ternyata mengandung zat-zat berbahaya. Ini adalah karya fotografer Eleanor Ryder asal Inggris yang mendapatkan juara ketikga dikategori Environmental Issues. (Foto: National Geographic 2016)

Tampak seorang wanita berbikini yang menyaksikan kebakaran hutan dekat pantai. Ada juga pesawat berusaha memadamkan api dari atas. Foto ini diambil di pantai Sone Serra, Pulau Mallorca, Spanyol. Karya fotografer Sergej Chursyn yang mendapatkan predikat Honorable Mention, Environmental Issues. (Foto: National Geographic 2016)

Foto Greenland pada tahun 2015 di mana pada tahun 1947 tempat ini adalah sebuah pangkalan Angkata Udara Amerika Serikat. Ini adalah foto karya fotografer Ken Bower asal New York yang mendapatkan Honorable Mention, Environmental Issues. (Foto: National Geographic 2016)

Seekor beruang putih duduk di tepi salah satu dari Kepulauan Barter di Alaska tanpa adanya salju yang harusnya sudah masuk musim dingin. Menurut penduduk setempat hal ini akan berdampak pada daerah populasi beruang kutub. Hasil karya fotografer Patty Waymire asal Amerika Serikat yang mendapatkan Honorable Mention, Environmental Issues. (Foto: National Geographic 2016)

(/)