Jack Ma Terus Pindah-pindah Tempat

Jack Ma Terus Pindah-pindah Tempat

ADVERTISEMENT

Jack Ma Terus Pindah-pindah Tempat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 12 Jan 2023 05:50 WIB
Jack Ma
Foto: Getty Images
Jakarta -

Jack Ma sudah lama tidak tampil di publik, tapi gerak geriknya terus mendapatkan perhatian luas. Maklum saja, pendiri Alibaba ini bisa dikatakan pentolan teknologi paling terkenal di China. Sejauh ini, dia terus saja pindah-pindah tempat.

Ya, pria berusia 58 itu ternyata tidak melulu berada di China, bahkan mungkin saja lebih banyak menghabiskan waktunya di negara-negara lain. Pada awalnya, sejak membuat marah pemerintah China di akhir tahun 2020, ada spekulasi ia dilarang ke luar negeri. Akan tetapi akhirnya, dipastikan bahwa dia bebas ke mana saja.

Di tahun 2021, Jack Ma sudah kedapatan berada di Hong Kong, kemudian menyambangi Eropa. Ia antara lain terlihat di Spanyol. Kemudian di tahun 2022 kemarin, Jack Ma juga beberapa kali terlihat di Eropa.

Ia kepergok main golf di Mallorca dengan dikawal para bodyguard. Sebelumnya, Jack Ma berada di Belanda dan mengunjungi sebuah kampus untuk mempelajari teknologi pertanian. Dalam kabar terbaru, Jack Ma disebut lama berada di Tokyo, Jepang.

Di Tokyo, Jack Ma kabarnya hobi mandi air panas, atau bepergian secara rutin ke Amerika Serikat dan Israel, entah untuk urusan apa. Jack Ma membawa koki pribadi yang meracik makanan kesukaannya.

Baru-baru ini, dia kepergok jalan-jalan di Thailand. Mungkin setelahnya, ia kembali ke Jepang. Bisa disimpulkan bahwa Jack Ma di luar negeri bukan sekadar jalan-jalan atau menghindari pemerintahan Xi Jinping di China. Malah sebaliknya, dia memang ingin mengabdikan diri membantu para petani di China mengembangkan pertanian sehingga mempelajarinya di luar negeri.

Dalam kunjungan di Spanyol dan Belanda, Jack Ma mengunjungi para akademisi untuk misi itu. Di Jepang, dia dilaporkan mengunjungi Aquaculture Research Institute di Kindai University. Selain itu, dia mengamati operasi teknologi perikanan dan industri makanan Jepang.

Hal yang sama ia lakukan di Thailand, di mana dia bertemu dengan pebisnis pertanian di negara tetangga itu. Selain para petani, Jack Ma juga belakangan makin giat membantu para guru di China, terutama di pedesaan, agar makin maksimal dalam bekerja.



Simak Video "Jack Ma Akhirnya Bicara, Bahas Nasib Guru dan Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT