Jack Ma Lepas Kendali Perusahaan Andalannya, Ada Apa?

Jack Ma Lepas Kendali Perusahaan Andalannya, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

Jack Ma Lepas Kendali Perusahaan Andalannya, Ada Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Jan 2023 18:15 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma kembali tiarap setelah sempat hilang dari publik, mengapa demikian?
Jack Ma Lepas Kendali Raksasa Fintech Ant Group, Ada Apa? Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Pendiri Ant Group Jack Ma akan melepas kendalinya atas perusahaan fintech asal China tersebut. Perubahan itu diumumkan setelah pemegang saham setuju untuk membentuk ulang struktur pengambilan suara di perusahaan.

Setelah perubahan ini, Ant Group mengatakan tidak akan ada sosok yang memegang penuh kendali atas perusahaan. Ma saat ini memegang 50% kendali atas Ant Group, namun setelah restrukturisasi akan bersisa 6,2%, seperti dikutip dari BBC News, Senin (9/1/2023).

Jack Ma mengendalikan Ant Group lewat saham yang ia pegang dan sering bertindak bersama pemegang saham lainnya. Namun Ant Group mengatakan pemegang saham setuju untuk tidak lagi bertindak bersama saat menggunakan hak suara, dan hanya akan memilih secara independen.

Struktur pemegang saham juga akan berubah, namun Ant Group menekankan kepentingan ekonomi pemegang saham tidak akan berubah.

Ant Group sendiri merupakan raksasa fintech yang mengoperasikan sistem pembayaran online Alipay. Sistem ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna dan sudah mengalahkan sistem konvensional seperti uang tunai, cek, dan kartu kredit.

Ma dan Ant Group sudah menjadi sorotan pemerintah China sejak November 2020. Ma bahkan sempat bersembunyi selama beberapa bulan setelah mengkritik sistem perbankan China saat berbicara di konferensi keuangan.

Tidak lama setelahnya, rencana Ant Group untuk IPO kemudian dibatalkan. IPO senilai USD 37 miliar itu sejatinya akan menjadi yang terbesar di dunia dan menjadikan Ma orang terkaya di China.

Pembatalan itu dilakukan secara tiba-tiba dan otoritas China mengatakan ada masalah besar dalam mengatur perusahaan. Beberapa analis melihat ini sebagai upaya pemerintah China untuk melemahkan perusahaan yang sudah terlalu kuat dan pemimpinnya yang terlalu blak-blakan.

Setelah sempat menghilang selama beberapa bulan yang menimbulkan spekulasi soal keberadaannya, Jack Ma kembali muncul di publik namun masih menghindari sorotan kamera.

Terbaru, Jack Ma terlihat berada di Thailand bersama Supakit Chearavanont, Ketua Dewan Charoen Pokphand Group yang merupakan grup agribisnis terbesar di Thailand. Sebelumnya, ia tinggal lama di Jepang.



Simak Video "Ant Group Umumkan Jack Ma Tak Lagi Pegang Kendali"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT