Cukup 1 Video, Mgdalenaf Bantu Usaha Pinggir Jalan Sampai Buka Cabang

Cukup 1 Video, Mgdalenaf Bantu Usaha Pinggir Jalan Sampai Buka Cabang

ADVERTISEMENT

Cukup 1 Video, Mgdalenaf Bantu Usaha Pinggir Jalan Sampai Buka Cabang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Des 2022 17:00 WIB
YouTuber MGDALENAF
Cerita sukses Mgdalenaf. Foto: Instagram @mgdalenaf
Jakarta -

YouTuber Foodie Magdalena (Mgdalenaf) menceritakan susah payahnya merintis karier hingga bisa membantu pedagang kecil pinggir jalan. Tidak ada yang menyangka, kekuatan dari satu videonya bisa membuat jalan hidup seseorang menjadi sangat berbeda.

Magdalena Fridawati atau dikenal dengan Mgdalenaf, masuk ke YouTube tahun 2017. Selama satu tahun, dia mengaku masih mencoba berbagai konten yang cocok untuknya dibantu dengan komunitas foodies dan berseluncur di video tutorial YouTube. Dari buat akun sampai mengembangkannya, Magdalena menjalaninya seorang diri.

"Dari akun aku belum monetize sampai monetize, akhirnya aku ketemu komunitas lain, foodies lain, dan terjadi kolaborasi. Aku ketemu Tanboykun, itu pertama kalinya collab dengan video yang lebih niat kualitasnya," ujarnya.

Magdalena mengaku dirinya adalah seorang amatir ketika awal masuk dunia YouTube. Dia mulai belajar caranya branding sembari tetap bisa membantu para UMKM untuk naik kelas. Ia juga belajar banyak soal public speaking karena kebutuhan konten, hingga ke bisnis untuk pemasaran produk yang ia suguhkan.

"Bermula dari content creator, aku ngonten sendiri, bawa kamera sendiri, sekarang aku ada staff lebih dari 100 orang dalam waktu empat tahun," tuturnya dengan haru.

Hasil video yang diunggah di kanal MGDALENAF sendiri biasanya menyentuh 10 juta views per bulan. Karena itu, tidak mengherankan dampak videonya bisa begitu besar bagi para UMKM yang makanannya atau restorannya diangkat oleh Magdalena.

"Awal mulai itu aku udah bantu UMKM. Aku review bakso UMKM di Bekasi, di pinggir jalan dan karena video tersebut sekarang pemiliknya punya lebih dari 30 cabang di Indonesia. Itu karena video aku dan Tanboykun," kenangnya lagi.

"Sampai pandemi, aku berpikir apa yang bisa aku berikan ke society? Akhirnya, aku nggak terima endorse, aku bantu UMKM 100% bahkan aku bayarin dan modalin. In total, udah bantu ribuan UMKM kuliner dan cerita-cerita di baliknya itu bagus-bagus banget," tandasnya.



Simak Video "Geser PewDiePie, MrBeast Jadi YouTuber dengan Subscriber Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT