Awal 2023, Kreator YouTube Shorts Bisa Hasilkan Uang dari Fans

Awal 2023, Kreator YouTube Shorts Bisa Hasilkan Uang dari Fans

ADVERTISEMENT

Awal 2023, Kreator YouTube Shorts Bisa Hasilkan Uang dari Fans

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 07 Des 2022 16:01 WIB
YouTube Shorts
YouTube Shorts. Foto: screenshot/detikINET
Jakarta -

Kabar baik untuk YouTubers, awal tahun 2023, YouTube Shorts bisa menghasilkan uang dari 'saweran' para fans. Sebelumnya, cara menghasilkan uang dari YouTube hanya bergantung pada monetisasi video.

YouTube Shorts adalah platform video berdurasi 60 detik atau kurang. YouTube menghadirkan platform tersebut pada pertengahan tahun lalu sebagai pesaing TikTok maupun Reels.

Gautam Anand Vice President YouTube APAC menyampaikan kabar ini dalam press conference Google for Indonesia, Rabu (7/12/2022).

"Ada 30 miliar kali video Shorts yang ditonton setiap harinya secara global. Indonesia pun termasuk salah satu negara yang pertumbuhan kreatornya sangat cepat. Ada peningkatan 45% pada kreator dengan 100k subscribers di tahun 2021," ujarnya.

"Babak baru untuk kreator adalah mendapatkan opsi lebih banyak untuk memonetisasi pekerjaan mereka. YouTube Shorts akan ada iklan dan fun funding di awal tahun depan," sambung Anand.

Anand mengatakan selama 10 tahun terakhir, Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan jumlah konten yang luar biasa. Karena itu, YouTube berusaha mengapresiasi para kreator dengan upaya monetisasi baru ini.

Sebenarnya, fun funding atau saweran untuk konten kreator sudah tidak asing di sejumlah platform video singkat. Namun, bicara YouTube, ini adalah platform yang sangat besar.

Pada 2022 ini, YouTube sudah meng-cover lebih 63% internet populasi di Indonesia. Itu artinya, 130 juta penduduk negara ini sudah mengakses platform video besutan Google tersebut.



Simak Video "Kreator Bisa Serok Cuan dari YouTube Shorts Mulai Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT