YouTube Rilis Dua Fitur Baru untuk Kasih Saweran ke Kreator Favorit

ADVERTISEMENT

YouTube Rilis Dua Fitur Baru untuk Kasih Saweran ke Kreator Favorit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Agu 2022 14:49 WIB
Jakarta -

YouTube merilis dua fitur baru untuk membantu kreator dan streamer di Indonesia meraup lebih banyak cuan. Dua fitur baru itu adalah 'Super Chat' dan 'Super Stickers'.

Product Manager Paid Digital Goods Google Barbara MacDonald mengatakan dua fitur ini akhirnya diluncurkan setelah melihat pesatnya pertumbuhan komunitas kreator YouTube di Indonesia. Selain itu, pengguna YouTube di Indonesia juga semakin royal dalam mendukung kreator favoritnya.

"Hingga Desember tahun lalu, lebih dari 1.000 kreator di Indonesia memiliki lebih dari satu juta pelanggan yang menunjukkan kenaikan lebih dari 40% year-over-year," kata MacDonald dalam media briefing virtual, Selasa (16/8/2022).

"Pada Juni 2021, lebih dari 50.000 penonton di Indonesia membeli channel membership di YouTube, yang merupakan peningkatan lebih dari 500% dibandingkan tahun sebelumnya," imbuhnya.

Dengan kehadiran Super Chat dan Super Sticker, kreator YouTube di Indonesia kini memiliki enam cara untuk memonetisasi kontennya. Empat cara yang sudah ada sebelumnya adalah dengan iklan, YouTube Premium, Membership, dan YouTube Shorts Fund.

Lewat Super Chat, pengguna YouTube bisa meninggalkan komentar warna-warni untuk kreator favoritnya di livechat saat livestream berlangsung. Pengguna bisa membayar mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 5.000.000 untuk menyematkan komentarnya di bagian atas chat hingga lima jam.

Sedangkan Super Stickers adalah stiker yang bisa dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya dan akan ditampilkan di live chat. YouTube menyediakan stiker dalam berbagai jenis dan bahasa yang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 10.000.

MacDonald mengatakan dari seluruh saweran yang diberikan penonton lewat Super Sticker dan Super Chat kreator akan menerima 70%. Pendapatan itu sudah dipotong pajak dan komisi untuk App Store di iOS.

"YouTube dan Google mengambil sebagian dari penjualan Super Chat, Super Stickers, dan Channel Membership agar kami bisa terus investasi dan mengembangkan produk dan bisnis kami," ucapnya.

Untuk bisa mengaktifkan Super Chat dan Super Stickers, kreator harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh YouTube yaitu sudah tergabung dengan YouTube Partner Program. Artinya kreator harus memiliki 1.000 subscriber dan kontennya ditonton 400 jam dalam 365 hari terakhir.

Selain Super Chat dan Super Stickers, YouTube juga sedang mempersiapkan fitur baru bernama Super Thanks untuk menambah cuan kreator sekaligus meningkatkan interaksinya dengan penggemar. Jika Super Chat dan Super Stickers dibuat khusus untuk livestream, Super Thanks bisa diberikan lewat komentar di video yang diunggah oleh kreator.

"Saat penonton sedang menonton video, jika mereka ingin mendukung kreator secara finansial mereka bisa membeli Super Thanks dan mereka bisa meninggalkan komentar yang disorot dan lebih menonjol dibandingkan komentar lainnya," kata MacDonald.

"Kami baru saja menggulirkan Super Thanks di 68 negara, tapi masih belum tersedia di Indonesia. Saya bisa memastikan hari ini bahwa kami sedang mengerjakan ekspansi untuk Indonesia dan akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan," pungkasnya.

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT