YouTube Go Dimatikan Google Agustus 2022, Lenyap dari Playstore

ADVERTISEMENT

YouTube Go Dimatikan Google Agustus 2022, Lenyap dari Playstore

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 13 Agu 2022 10:45 WIB
YouTube Go
YouTube Go. Foto: google
Jakarta -

YouTube Go telah resmi dimatikan oleh Google. Sebagai tandanya, aplikasi tersebut sudah tidak tersedia di Play Store saat ini.

Rencana Google menghentikan aplikasi YouTube versi ringan sudah disampaikan sejak Mei lalu. Pengguna yang masih menggunakannya dianjurkan beralih ke aplikasi YouTube.

"Kami mengumumkan bahwa YouTube Go akan dihentikan mulai bulan Agustus. Terima kasih kepada pengguna YouTube Go kami - kami sangat senang menyambut Anda di komunitas utama aplikasi YouTube," ujar Meaghan, Team YouTube kala itu.

Untuk diketahui YouTube Go pertama kali dihadirkan 2016 silam. Aplikasi ini sengaja dihadirkan sebagai solusi untu melayani daerah yang memiliki permasalahan soal konektivitas atau internetnya lemot, harga paket data, hingga solusi bagi masyarakat yang masih memiliki ponsel dengan spesifikasi rendah.

Jadi saat akan mengakses satu video di YouTube Go, pengguna akan dihadapi pilihan berupa seberapa besar kuota yang akan dihabiskan untuk menonton satu konten. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi berupa sisa kuota yang dimiliki pengguna. Sehingga pengguna bisa mengetahui berapa lagi konten yang dapat dinikmatinya.

Pada perkembangannya, Google berinvestasi banyak dalam penggembangan YouTube. Raksasa pencarian internet ini coba meningkatkan kemampuan aplikasi streaming videonya agar bisa digunakan di area yang dulunya hanya bisa dimasuki YouTube Go. YouTube kini tidak akan lagi membebani konektivitas atau kuota data pengguna.

"Secara khusus, kami telah meningkatkan kinerja untuk perangkat tingkat pemula atau perangkat yang menonton YouTube di jaringan yang lebih lambat. Kami juga membangun kontrol pengguna tambahan yang membantu mengurangi penggunaan data seluler untuk pemirsa dengan data terbatas - jadi pantau terus untuk pembaruan lainnya," pungkas Meaghan.



Simak Video "Google Blokir Aplikasi Berbayar Play Store di Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT