Kisah Viral Pemain Football yang Pacarnya Ternyata Tidak Pernah Ada

Kisah Viral Pemain Football yang Pacarnya Ternyata Tidak Pernah Ada

ADVERTISEMENT

Kisah Viral Pemain Football yang Pacarnya Ternyata Tidak Pernah Ada

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 19 Nov 2022 14:15 WIB
Kisah Viral Pemain Football yang Pacarnya Ternyata Tidak Pernah Ada
Kisah viral pemain football Manti Te'o dan kekasihnya yang tidak pernah ada. Ternyata korban catfishing. Foto: El Mundo
Jakarta -

Kisah seorang pemain football Amerika Serikat Manti Te'o dan kekasihnya Lennay Kekua sempat viral pada zamannya. Pasalnya, sosok Lennay Kekua yang ia sayangi ternyata tidak pernah ada alias hanya profil palsu. Iya, Manti Te'O mengalami catfishing oleh seorang transgender bernama Ronaiah Tuiasosopo (Naya). Bagaimana ceritanya?

Awalnya, Manti menerima sebuah permintaan pertemanan di Facebook dari 'Lennay Kekua' di tahun 2012. Tanpa banyak berpikir, Manti menerimanya. Mereka pun mulai berbincang santai.

Hubungan mereka semakin menguat, terutama setelah Lennay mulai membuka diri untuk menceritakan soal kisah hidupnya. Manti yang bersimpati pun semakin bertekad untuk menemani sosok Lennay.

Namun yang mencurigakan, Lennay tidak pernah mau untuk diajak videocall ataupun bertemu. Kalaupun mencoba videocall, Lennay selalu beralasan kalau koneksi internetnya bermasalah atau hal lainnya.

Lain halnya dengan telepon, Lennay masih mengangkat telepon dari Manti. Suaranya juga terdengar seperti seorang perempuan. Agar semakin meyakinkan, Lennay juga membuat 'keluarga palsu' sehingga Manti tidak sadar sedang dipermainkan.

Dalam dokumenter Netflix 'Untold: The Girlfriend Who Doesn't Exist', Ronaiah mengaku suaranya bisa berubah secara spontan. Ketika menerima telepon dari Manti dan menjauh ke tempat sepi, ia bisa langsung berubah karakter.

Sementara untuk foto, Ronaiah mengaku mengambil foto Lennay dari gadis populer kenalannya yakni Diane O'Meara.

Berjalannya waktu, Ronaiah sadar hubungan mereka tidak akan berlanjut. Maka dari itu ia membuat skenario bahwa Lennay mengalami kecelakaan dan diserang leukemia. Lennay menghembuskan 'napas terakhirnya' di telepon dan membuat Manti terpukul, apalagi neneknya Annette Santiago juga baru saja dinyatakan meninggal dunia di hari yang sama.

Dari pengalaman tragis itu, Manti yang karier football-nya sedang cemerlang, mengatakan ambisinya kepada awak media. Ia mengaku mendedikasikan permainannya di musim kala itu untuk mendiang neneknya dan juga Lennay.

Sudah kadung viral, tiba-tiba Ronaiah menelepon dan kembali berubah menjadi Lennay. Manti kebingungan, tidak tahu lagi mana yang benar atau bohong. Di lain tempat, kantor berita Deadspin sudah mencium kecurigaan pada sosok Lennay Kekua yang tentu saja palsu.

Benar saja, tak lama dari itu, Deadspin merilis berita yang menceritakan investigasi tim terhadap sosok Lennay Kekua. Manti pada akhirnya pun memilih jujur kepada rekan media. Secara terpisah, Ronaiah juga diwawancara yakni di acara Dr Phil. Begitu pula sosok Diane O'Meara yang fotonya disalahgunakan oleh Ronaiah.

'Untold: The Girlfriend Who Doesn't Exist' tayang di Netflix membawa berbagai sudut pandang, terutama dari sisi Ronaiah dan Manti. Ada dua episode masing-masing kurang lebih berdurasi satu jam.

Kini, Manti Te'o sudah melanjutkan hidup dan mengaku sudah memaafkan Ronaiah. Manti sudah menikah dengan perempuan bernama Jovi Nicole Engbino pada 2020 dan telah dianugerahi anak. Sedangkan Ronaiah, kini sudah menetapkan dirinya sebagai transgender.



Simak Video "Asal-usul Kode Genre Rahasia Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT