7 Film Dokumenter Netflix Soal Kejahatan di Internet yang Mengerikan

7 Film Dokumenter Netflix Soal Kejahatan di Internet yang Mengerikan

ADVERTISEMENT

7 Film Dokumenter Netflix Soal Kejahatan di Internet yang Mengerikan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 16 Nov 2022 22:36 WIB
The Tinder Swindler.
Deretan film dokumenter Netflix soal kejahatan di internet. Foto: Dok. Netflix
Jakarta -

Kejahatan di internet menjadi momok yang mengerikan di era sekarang, terlebih segala sesuatu sudah dilakukan secara daring. Karena itu, pemahaman soal pentingnya menjaga keamanan di dunia internet semakin digaungkan.

Salah satunya cara meningkatkan kesadaran atau awareness adalah lewat film dokumenter. Netflix termasuk yang kerap meluncurkan dokumenter yang membahas isu-isu soal kejahatan di internet. Berikut ini beberapa daftar film dokumenter kejahatan di internet di Netflix seperti dihimpun detikINET, Rabu (16/11/2022) dari berbagai sumber:

1. Don't F**k With Cats

Ini menceritakan tentang pemburuan Luka Magnotta yang mengunggah aksi pembunuhan tragis terhadap kucing ke internet. Cara menghabisinya pun sangat keji. Tak hanya kucing, Magnotta ternyata juga merenggut nyawa seorang manusia yakni seorang murid asal China, Jun Lin.

2. The Tinder Swindler

'The Tinder Swindler' salah satu dokumenter Netflix yang paling populer, mengisahkan soal Simon Leviev yang menipu banyak perempuan melalui aplikasi kencan. Leviev menggunakan Tinder untuk membuat persona palsu yang pada akhirnya menjerat korbannya hingga rugi jutaan dollar.

3. The Most Hated Man on the Internet

Hunter Moore merupakan seorang laki-laki kejam yang meluncurkan situs IsAnyoneUp. Situs itu merupakan situs porn revenge di mana setiap orang bisa melakukan pelecehan online hingga doxing korban (biasanya screenshot diikuti dengan link menuju akun Instagram atau Facebook korban). Dalam dokumenter ini, diceritakan perjuangan korban untuk mendapatkan keadilan dari kejahatan yang dilakukan Moore.

4. Zara McDermott: Revenge Porn

Zara McDermott menjadi terkenal ketika ia hadir di acara 'Love Island' pada tahun 2018. Tetapi ketika dia berada di suatu tempat tanpa akses HP, McDermott tidak menyadari foto-foto intimnya dibagikan di beberapa grup WhatsApp. Ketika dia meninggalkan program 'Love Island', seorang humas tiba di hotelnya untuk menyampaikan berita tentang gambar intimnya yang beredar dengan cepat. Pada saat ini, ceritanya juga tersebar luas di media.

5. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Film dokumenter Netflix yang disutradarai oleh Choi Jin-Seong ini mengikuti kasus Korea Selatan tahun 2019 yang mengerikan. Dalam sebuah ruang obrolan online, para admin memaksa sejumlah perempuan muda, termasuk anak di bawah umur, untuk membuat dan mengirim video seksual eksplisit.

Dengan wawancara dengan jurnalis dan polisi, film dokumenter ini menyoroti kenyataan kelam dan menakutkan bahwa kita semua rentan dengan ancaman serupa di internet.

6. Deep Web

Internet yang kita gunakan sehari-hari ini adalah internet permukaan atau 'surface web'. Jika menelusur lebih jauh, ada tingkatan internet yang semakin kompleks dan menjamin anonimitas yakni 'Deep Web'. Dinarasikan oleh Keanu Reeves, 'Deep Web' menceritakan kisah 'The Silk Road' yang merupakan pasar online untuk narkoba dan barang-barang ilegal lainnya yang diluncurkan pada tahun 2011. Pendirinya berusia 29 tahun bernama Ross Ulbricht.

7. You Have Won $9M!

Sesuai nama filmnya, 'You Have Won $9M!' menyelidiki email yang bertuliskan 'Anda telah memenangkan 9 juta dolar AS dalam program lotere online Microsoft 2011', diikuti dengan tanggal berjumpa para penipu di lokasi tertentu untuk menerima kemenangan palsu itu secara langsung.

Di sisi lain, dokumenter ini juga mengikuti kisah kehidupan nyata Vahid, korban penipuan internet yang sama dan kehilangan ribuan dolar dalam penipuan email lotere Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Kisahnya didukung oleh wawancara dengan empat ahli: seorang psikolog, seorang insinyur komputer dan dua polisi dunia maya.



Simak Video "Asal-usul Kode Genre Rahasia Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT